Dokter Afsel: Varian Omicron Bergejala Ringan, Bisa Dirawat di Rumah

Umaya Khusniah · Senin, 29 November 2021 - 11:46:00 WIB
Dokter Afsel: Varian Omicron Bergejala Ringan, Bisa Dirawat di Rumah
Dokter di Afsel mengatakan gejala Covid-19 varian Omicron sejauh ini terbilang ringan. (Foto: Reuters)

JOHANNESBURG, iNews.id - Dokter di Afrika Selatan (Afsel) mengatakan gejala Covid-19 varian Omicron sejauh ini terbilang ringan. Para pasien yang dinyatakan positif Covid-19 Omicron dapat dirawat di rumah.

Dr Angelique Coetzee, yang juga Ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan pada 18 November mengatakan, dia melihat tujuh pasien di kliniknya yang memiliki gejala yang berbeda dari varian Delta yang saat itu dominan. Namun dia mengakui gejala yang dialami pasien itu sangat ringan.

Coetzee menambahkan, seorang pasien yang menemuinya di klinik mengaku 'sangat lelah' selama dua hari. Dia juga merasakan nyeri tubuh dan sakit kepala.

"Gejala pada tahap itu sangat terkait dengan infeksi virus normal. Karena kami belum melihat Covid-19 seperti itu selama delapan hingga 10 minggu terakhir, kami memutuskan untuk melakukan tes. Ternyata pasien dan keluarganya dinyatakan positif Covid-19," katanya. 

Pada hari yang sama, ada lebih banyak pasien datang dengan gejala serupa. Saat itulah dia menyadari, sesuatu yang lain tengah terjadi. Sejak itu, dia melihat 2-3 pasien dengan gejala serupa setiap hari.

"Kami telah melihat banyak pasien Delta selama gelombang ketiga. Namun (gejala Covid-19 Omicron) ini tidak sesuai dengan gambaran klinis," katanya. 

Dia pun melaporkan peristiwa ini ke Institut Nasional Penyakit Menular (NICD) Afrika Selatan bersama dengan hasil klinisnya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: