Dokter Malaysia Bikin Kondom Unisex Pertama di Dunia, Bisa Dipakai Laki-Laki atau Perempuan

Ahmad Islamy Jamil · Kamis, 28 Oktober 2021 - 09:20:00 WIB
Dokter Malaysia Bikin Kondom Unisex Pertama di Dunia, Bisa Dipakai Laki-Laki atau Perempuan
Ilustrasi kondom. (Foto: Ist.)

KUALA LUMPUR, iNews.id – Seorang dokter ahli sistem reproduksi wanita (ginekolog) di Malaysia menemukan kondom unisex pertama di dunia. Dengan kata lain, kondom itu dapat dipakai oleh laki-laki maupun perempuan.

Reuters melanisr, kondom itu terbuat dari bahan kelas medis yang biasanya digunakan sebagai pembalut untuk luka dan cedera. Sang penemunya, dr John Tang Ing Ching, berharap kondom yang diberi nama Wondaleaf Unisex itu dapat memberdayakan orang untuk lebih mengontrol kesehatan seksual mereka, terlepas dari jenis kelamin mereka.

“Ini pada dasarnya adalah kondom biasa dengan penutup perekat,” kata dr Tang yang berprofesi sebagai ahli ginekologi di perusahaan pemasok medis Twin Catalyst.

“Ini adalah kondom dengan penutup perekat yang menempel pada vagina atau penis, serta menutupi area yang berdekatan untuk perlindungan ekstra,” ujarnya.

Dia menjelaskan, perekat hanya dioleskan pada satu sisi kondom. Artinya, kondom itu bisa dibalik sehingga dapat digunakan untuk penis maupun vagina.

Setiap kotak Wondaleaf berisi dua kondom dan dibanderol 14,99 ringgit (Rp52.000). Sementara, harga rata-rata untuk selusin kondom di Malaysia adalah 20-40 ringgit.

Tang membuat kondom menggunakan poliuretan, bahan yang digunakan dalam pembalut luka transparan yang tipis dan fleksibel namun kuat dan tahan air. “Begitu Anda memakainya, Anda sering tidak menyadari bahwa benda itu ada di sana,” katanya, merujuk pada pembalut yang terbuat dari bahan tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: