Donald Trump: Kepolisian AS Tak Akan Dirombak dan Dibubarkan

Anton Suhartono ยท Selasa, 09 Juni 2020 - 06:23:00 WIB
Donald Trump: Kepolisian AS Tak Akan Dirombak dan Dibubarkan
Donald Trump (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menentang rencana perombakan total atau bahkan pembubaran kepolisian di negara itu menyusul tewasnya pria kulit hitam George Floyd di Minneapolis pada 25 Mei.

Komentarnya ini disampaikan terkait rencana dewan kota Minneapolis untuk merombak total kepolisian di kota itu. Mayoritas dewan kota memberikan suara setuju.

Dalam pertemuan dengan unsur penegak hukum AS di Gedung Putih, Trump menjelaskan hanya sebagian kecil polisi berperilaku buruk. Dia menyebut 99 persen polisi AS merupakan orang hebat yang bertugas dengan luar biasa.

"Tidak akan ada pelucutan, tidak akan ada perombakan, dan tidak akan ada pembubaran polisi," kata Trump, dikutip dari ABC News, Selasa (9/6/2020).

“Anda akan melihat beberapa hal mengerikan seperti yang kita saksikan baru-baru ini, tapi 99, saya katakan 99,9, tapi mari sebut saja 99 persen dari mereka  merupakan orang hebat. Mereka telah melakukan pekerjaan rekor," kata Trump, menambahkan.

Trump menjelaskan rekor yang dimaksud, yakni data statistik kejahatan saat ini menunjukkan penurunan, angka terbaik yang pernah dimiliki AS dalam sejarah.

"Ada alasan untuk mengurangi kejahatan, karena kita memiliki para penegak hukum yang hebat. Saya sangat bangga dengan mereka," tuturnya.

Sementara itu Jaksa Agung William Barr mengatakan, penegak hukum federal memahami ketidakpercayaan masyarakat terhadap peradilan, terutama dalam penanganan kasus kelompok minoritas kulit hitam. Untuk itu dia menjanjikan reformasi di masa depan.

"Penegakan hukum sepenuhnya memahami dan telah mengetahui selama beberapa waktu, ketidakpercayaan di komunitas Afrika-Amerika terhadap sistem peradilan pidana," kata Barr, seraya dia optimistis kondisi akan membaik dengan reformasi di masa depan.

Editor : Anton Suhartono