Donald Trump Larang Pendatang dari Brasil Masuk AS

Anton Suhartono ยท Senin, 25 Mei 2020 - 05:25 WIB
Donald Trump Larang Pendatang dari Brasil Masuk AS

Donald Trump (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat Donald Trump melarang pengunjung dari Brasil masuk menyusul lonjakan kasus virus corona di negara itu.

Brasil menjadi pusat wabah terbaru yang kini menduduki posisi kedua di dunia dalam jumlah kasus infeksi.

Melalui Juru Bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany, disebutkan, warga non-AS yang dalam 14 hari terakhir berkunjung ke Brasil tak diperbolehkan masuk. Namun aturan ini tak berlaku bagi setiap aktivitas perdagangan.

"Langkah yang ditetapkan hari ini akan membantu memastikan warga negara asing yang pernah ke Brasil tidak menjadi sumber infeksi tambahan di negara kita," kata McEnany, dikutip dari AFP, Senin (25/5/2020).

Brasil mengonfirmasi hampir 350.000 kasus Covid-19 hingga Minggu (24/5/2020), berada di posisi kedua setelah AS, lebih dari 22.000 di antaranya meninggal.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang merupakan sekutu dekat Trump sejak awal meremehkan krisis kesehatan ini. Di  masa awal pandemi, dia menolak pemberlakuan lockdown dan meminta warga untuk beraktivitas seperti biasa.

Dia membandingkan virus corona dengan influenza di mana negara tak perlu di-lockdown sehingga tak akan memengaruhi perekonomian.

Editor : Anton Suhartono