Donald Trump Masuk Nominasi Penerima Nobel Perdamaian atas Perannya Normalisasi Hubungan UEA-Israel

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 09 September 2020 - 21:09 WIB
Donald Trump Masuk Nominasi Penerima Nobel Perdamaian atas Perannya Normalisasi Hubungan UEA-Israel

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dinominasikan untuk menerima Hadiah Nobel Perdamaian karena berperan sebagai mediator normalisasi hubungan diplomatik Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel.

Adalah Christian Tybring-Gjedde, anggota parlemen Norwegia, yang mengajukan nama Trump. Kepada Fox News, Christian mengungkap alasan mengapa dia menilai Trump layak dinominasikan.

"Atas jasanya, saya pikir dia telah melakukan lebih banyak upaya untuk menciptakan perdamaian antar negara daripada kebanyak nominator Hadiah Perdamaian lainnya," kata Christian dikutip dari Dailymail, Rabu (9/9/2020).

Christian menilai inisiatif Trump memediasi UEA dan Israel memperbaiki hubungan diplomasi merupakan langkah strategis membuka pintu kerja sama dengan negara mayoritas muslim lain di Timur Tengah maupun kawasan lainnya.

"Harapannya, negara-negara Timur Tengah lain akan mengikuti jejak UEA, kesepakatan ini dapat menjadi pengubah permainan yang menjadikan Timur Tengah wilayah kerja sama dan makmur," lanjutnya.

Normalisasi hubungan diplomatik UEA dan Israel menuai kontroversi banyak negara. Iran dan Turki mengecam keras langkah tersebut karena menganggap UEA mengkhianati kepentingan rakyat Palestina yang selama ini wilayahnya dianeksasi negara zionis.

Selain menengahi pembicaraan normalisasi hubungan Israel-UEA, Trump juga menginisiasi perundingan damai dua negara Balkan yang berseteru, Kosovo dan Serbia, di Gedung Putih pada pekan kemarin.

Salah satu kesepakatan yang tercapai adalah baik Serbia dan Kosovo bersedia menjalin hubungan diplomatik dan menempatkan kedutaan mereka di Jerusalem, ibu kota Israel.

Editor : Arif Budiwinarto