Dua Tentara Amerika Tewas dalam Kecelakaan Helikopter di California

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 30 Agustus 2020 - 21:14:00 WIB
Dua Tentara Amerika Tewas dalam Kecelakaan Helikopter di California
Dua perwira Amerika Serikat yang tewas dalam insiden kecelakaan helikopter di California. (foto: New York Post)

CALIFORNIA, iNews.id - Dua orang tentara Amerika Serikat tewas dalam kecelakaan helikopter Black Hawk di lepas pantai California, Amerika Serikat. Salah satu yang tewas tercatat pernah bertugas selama perang Irak.

Staf Sersan Vincent P. Marketta (33) dari Brick, New Jersey dan Tyler M. Shelton (22) dari San Bernardino, California tewas dalam insiden helikopter yang jatuh di Pulau San Clemente, Kamis (27/8/2020). Lokasi tersebut merupakan wilayah Angkatan Laut AS sebagai fasilitas pelatian unit elite seperti SEAL.

Kedua tentara tersebut ditugaskan di Resimen Penerbangan Operasi Khusus (Airborne) ke-160 yang bermarkas di Fort Campbell.

Marketta mendaftar di dinas militer pada 2011, dan pernah bertugas di Afghanistan selama Operation Enduring Freedom dan beberapa penugasan selama perang Irak, menurut pernyataan Angakatan Darat.

Selama bertugas di militer Marketta pernah dianugerahi penghargaan Distinguished Flying Cross, Afghanistan Campain Medal dan Global War on Terrorism Medal.

"Dia tewas. Kami tidak tahu apa-apa," kata seorang kerabat Marketta dikutip dari New York Post, Minggu (30/8/2020).

Tiga perwira lainnya yang terluka dalam insiden tersebut masih dirahasiakan namanya oleh pihak militer.

"Gugurnya Staff Marketta dan Shelton meninggalkan bekas luka di resimen ini yang tidak akan pernah sembuh,"kata Kolonel Andrew R. Graham, Komandan Resimen Penerbangan Operasi Khusus (Airborne) ke-160.

Angkatan Darat (AD) tidak merilis informasi apa pun tentang kecelakaan itu. Lima perwira berada di helikopter saat insiden, demikian informasi dari seorang pejabat Departemen Pertahanan yang mengetahui insiden itu.

Editor : Arif Budiwinarto