Duh, Ada Virus Baru Bernama Langya yang Menular ke Manusia, Berbahayakah?

Anton Suhartono · Rabu, 10 Agustus 2022 - 15:23:00 WIB
Duh, Ada Virus Baru Bernama Langya yang Menular ke Manusia, Berbahayakah?
Ilmuwan menemukan virus baru bernama Langya di China, 35 orang sejauh ini terpapar (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - Belum kelar penanganan Covid-19, ada virus baru yang menyebar di China, disebut Henipavirus atau Langya henipavirus (LayV). Sejauh ini 35 orang terkonfirmasi positif.

Hasil studi para ilmuwan China, Singapura, dan Australia yang dirilis di New England Journal of Medicine mengungkap, Langya sudah menjangkiti 35 orang. Namun berbeda dengan virus corona, LangYa ditularkan ke manusia dari hewan. Ilmuwan belum mendapati kasus penularan dari manusia ke manusia.

Langya sebenarnya pertama kali terdeteksi pada akhir 2018, namun baru diidentifikasi secara resmi oleh para ilmuwan pekan lalu.

Dilaporkan Bloomberg, kasus ini ditemukan berkat deteksi dini pada beberapa orang yang mengalami demam dengan riwayat pernah berinteraksi dengan hewan-hewan tertentu. Untuk mendeteksi virus, pasien, sebagian besar berpofesi sebagai petani, menjalani tes swab pada tenggorokan.

Para ilmuwan memastikan virus ini baru, belum pernah menginfeksi manusia sebelumnya.

Meski demikian ada dua virus dari keluarga yang sama dengan Langya terdeteksi sebelumnya, yakni Hendra dan Nipah. Keduanya dapat menyebabkan penyakit parah bahkan kematian.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda