Duh, Dokter Ini Rekam Aksi Makan dan Minum Kotoran Sapi sambil Ceritakan Manfaatnya

Umaya Khusniah ยท Minggu, 21 November 2021 - 09:20:00 WIB
Duh, Dokter Ini Rekam Aksi Makan dan Minum Kotoran Sapi sambil Ceritakan Manfaatnya
Dokter Spesialis anak Manoj Mittal dari Haryana. (Foto: Ist)

NEW DELHi, iNews.id - Seorang dokter di India menuai kontroversi setelah menyarankan memakan kotoran dan minum urin sapi. Keduanya diklaim berkhasiat memurnikan tubuh seseorang bahkan mencegah masalah tekanan darah.

Dokter Spesialis anak Manoj Mittal dari Haryana, India merekam sebuah video saat dia memakan kotoran dan urin sapi di sebuah kandang. Video itu pun diunggah di media sosial. 

Dalam rekaman lengkap berdurasi tujuh menit itu, dia menjelaskan 'Panchgravya' atau lima elemen yang dapat diberikan sapi itu. Sembari menjelaskan, dia terlihat memungut sedikit kotoran sapi dan memasukkannya ke dalam mulutnya. 

Bahkan dia mengklaim, ibunya biasa berbuka puasa dengan makan kotoran sapi. Bahkan wanita harus makan kotoran sapi agar dapat melahirkan normal tanpa operasi caesar.

Video Mittal baik secara lengkap maupun dalam bentuk potongan, viral di banyak media sosial. Hal itu pun menuai beragam reaksi masyarakat. Ada yang bereaksi sarkas ada pula yang marah karena seorang praktisi medis masih mempercayai hal tersebut. 

Akhir-akhir ini, para menteri telah mencari cara lain untuk dapat memanfaatkotoran sapi. Salah satunya Ketua Menteri Madhya Pradesh Shivraj Singh Chouhan. Dia berpendapat bahwa sapi dan kotorannya memiliki potensi ekonomi yang besar yang dapat membantu meningkatkan perekonomian negara. 

Sementara di Chhattisgarh, Ketua Menteri Bhupesh Baghel telah meluncurkan proyek untuk menghasilkan listrik dari kotoran sapi. 

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: