Dukung Demo Prodemokrasi, Hostel di Thailand Beri Layanan Nginap Gratis bagi Demonstran

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 21:20:00 WIB
Dukung Demo Prodemokrasi, Hostel di Thailand Beri Layanan Nginap Gratis bagi Demonstran
Sejumlah demonstran tengah beristirahat di sebuah hostel di kota Bangkok. Pemilik hostel dan hotel memberikan layanan menginap gratis pada demonstran prodemokrasi selama aksi berlangsung. (foto: Reuters)

BANGKOK, iNews.id - Aksi demonstrasi pro-demokrasi yang telah berlangsung berbulan-bulan di Thailand mendapat dukungan dari para pemilik penginapan. Mereka memberikan akses kepada para demonstran untuk beristirahat di penginapan, terkadang gratis.

Sejak pertengahan Juli lalu, unjuk rasa yang dipimpin oleh pemuda dan mahasiswa Thailan--yang diorganisir secara daring--menyerukan Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha mengundurkan diri serta menuntut reformasi sistem pemerintahan monarki.

Guna meredam aksi demonstran yang terus membesar, pemerintah mengerahkan pasukan antihuru-hara dilengkapi mobil water canon serta tembakan gas air mata.

Aksi represif aparat seringkali memaksa para demonstran berlarian mencari tempat bersembunyi, tak sedikit para pengunjuk rasa ditemukan tertidur akibat kelelahan di tempat-tempat sempit bahkan di pinggir jalan.

Pemandangan seperti itulah yang mendorong seorang pemilik penginapan memberikan tempat istirahat sementara bagi para demonstran.

"Saya merasa kasihan kepada mereka yang tida memiliki tempat tinggal," kata seorang mahasiswa kedokteran yang namanya enggan disebutkan karena khawatir menjadi sasaran pihak berwenang.

Gerakan lewat media sosial

Editor : Arif Budiwinarto