Duterte Batal Bersaing dengan Putrinya dalam Pemilihan Wapres Filipina, Pilih Jadi Senator

Anton Suhartono ยท Senin, 15 November 2021 - 15:56:00 WIB
Duterte Batal Bersaing dengan Putrinya dalam Pemilihan Wapres Filipina, Pilih Jadi Senator
Rodrigo Duterte (kiri) memastikan tak akan bersaing dengan putrinya Sara (kanan) dalam pemilihan wakil presiden Filipina (Foto: Reuters)

MANILA, iNews.id - Presiden Filipina Rodrigo Duterte akan mencalonkan diri sebagai Senator dalam pemilihan umum pada 2022. Kabar ini mengakhiri spekulasi dia akan bersaing dengan putrinya, Sara Duterte Carpio, dalam pemilihan wakil presiden.

Senator Christopher 'Bong' Go, dalam wawancara dengan radio DZRH, Senin (15/11/2021), memastikan bosnya itu akan bersaing memperebutkan kursi senator. Go sudah mendaftar sebagai calon presiden. Sementara itu Duterte tak bisa maju lagi dalam pilpres karena aturan di Filipina hanya membolehkan presiden menjabat satu periode untuk masa jabatan 6 tahun.

Menurut Go, Duterte menjawab 'Iya' saat ditanya apakah akan memperebutkan kursi Senat pada 2022.

Juru bicara Harry Roque sebelumnya juga mengatakan, Duterte akan mengikuti pemilu tahun depan dan tidak akan bersaing dengan putrinya.

Pencalonan diri Sara sebagai cawapres juga mengejutkan. Padahal perempuan 43 tahun itu berpeluang besar menang dalam pilpres, sebagaimana hasil beberapa jajak pendapat nasional.

Puluhan pendukung Sara pun berkumpul di luar kantor komisi pemilihan umum pada Senin untuk mendesaknya menarik pencalonan sebagai cawapres lalu mendaftar kembali sebagai capres.

Diperkirakan Sara akan maju bersama capres Ferdinand Marcos Jr, meskipun pilpres dan pilwapres digelar terpisah. Setiap kandidat memiliki waktu hingga pukul 0900 GMT untuk menarik atau mengganti posisi dengan cara substitusi.

Negara berpenduduk 110 juta jiwa itu akan menggelar pemilu serentak untuk posisi presiden, gubernur, wali kota, dan pejabat lokal, pada Mei 2022. Pemerintahan berikutnya menghadapi tugas berat untuk menghidupkan kembali perekonomian yang diterpa badai pandemi Covid-19.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda