Ebrahim Raisi Menang Pilpres Iran, Gantikan Hassan Rouhani

Anton Suhartono ยท Sabtu, 19 Juni 2021 - 14:08:00 WIB
Ebrahim Raisi Menang Pilpres Iran, Gantikan Hassan Rouhani
Ebrahim Raisi (Foto: Reuters)

DUBAI, iNews.id - Ebrahim Raisi (60) mendapat ucapan selamat dari para pejabat atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Iran 2021. 

Kementerian Dalam Negeri selaku otoritas pemilu Iran memang belum mengumumkan presiden terpilih secara resmi, namun kemenangan Raisi sudah diproyeksikan, bahkan sebelum pemungutan suara digelar pada Jumat (18/6/2021).

Calon presiden lainnya yang berasal dari kelompok moderat, Abdolnasser Hemmati, mengucapkan selamat atas kemenangan sekutu dekat pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei itu. Raisi ditunjuk Khamenei sebagai kepala institusi kehakiman Iran pada 2019.

"Saya berharap pemerintahan Anda, di bawah kendali Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, akan membuat Republik Islam bangga, bisa menambah lapangan pekerjaan dan memastikan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa," kata Hemmati, dalam sebuah surat, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (19/6/2021).

Presiden Hassan Rouhani yang akan menyerahkan jabatannya juga memberikan selamat meskipun tak menyebutkan nama pemenang.

"Karena belum diumumkan secara resmi, saya menunda ucapan selamat resmi. Tapi sudah jelas siapa yang mendapat suara terbanyak," kata Rouhani.

Kandidat lain juga mengucapkan selamat kepada Raisi.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2