Eks Model Prancis Mengaku Diperkosa Sutradara Ternama Pemenang Oscar saat Masih Remaja

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 09 November 2019 - 12:28 WIB
Eks Model Prancis Mengaku Diperkosa Sutradara Ternama Pemenang Oscar saat Masih Remaja

Roman Polanski saat preview film terakhirnya 'J'accuse' (An Officer and a Spy) di Paris, pada 4 November 2019. (FOTO: THOMAS SAMSON / AFP via Getty Images)

PARIS, iNews.id - Seorang mantan model dan aktris Prancis menuduh sutradara pemenang Oscar, Roman Polanski, memperkosanya di sebuah resor ski Swiss ketika dia masih remaja.

Hal itu dia ungkapkan menjelang rilisnya film baru Polanski, yang mengisahkan penganiayaan terhadap tentara Yahudi-Prancis Alfred Dreyfus pekan depan.

Ini merupakan tuduhan terbaru terhadap sutradara kelahiran Polandia berusia 86 tahun itu, yang melarikan diri ke Prancis pada 1978 dari Amerika Serikat (AS) setelah mengakui memperkosa seorang gadis berusia 13 tahun.

Kepada surat kabar Le Parisien, model bernama Valentine Monnier mengatakan, pemerkosaan itu terjadi pada 1975 ketika dia berusia 18 tahun di pondok Polanski di Gstaad.

"Saya tidak memiliki hubungan dengan dia, baik pribadi maupun profesional, dan hampir tidak mengenalnya," kata Monnier, mantan model yang bekerja di New York, seperti dikutip AFP, Sabtu (9/11/2019).

Dia mengatakan, dugaan pemerkosaan itu sangat kejam.

"Dia memukul saya sampai saya menyerah dan kemudian memperkosa saya, membuat saya melakukan segala macam hal."

Monnier mengaku menceritakan apa yang terjadi padanya malam itu kepada dua perempuan lain yang juga tinggal di pondok Polanski: sahabatnya dan perempuan lain yang menjadi pacar Polanski selama empat tahun.

Kedua perempuan itu dihubungi oleh Le Parisien dan mengonfirmasi cerita versi Monnier.

Monnier, yang berakting dalam beberapa film pada 1980-an, mengatakan dia akhirnya memutuskan untuk berbicara ketika film baru Polanski tentang keadilan akan keluar.

Monnier juga mengatakan dirinya sudah menulis surat tentang dugaan pemerkosaan ke polisi Los Angeles dan kepada ibu negara Prancis, Brigitte Macron.

Pengacara Polanski, Herve Temime mengatakan bahwa sang sutradara dengan tegas menyangkal semua tuduhan pemerkosaan.

"Tuduhan yang sudah ada sejak 45 tahun yang lalu tidak pernah dilaporkan ke otoritas pengadilan".

Polanski juga dituduh melakukan pelecehan seksual oleh orang lain. Pada 2010, aktris Inggris Charlotte Lewis menuduh Polanski melakukan pelecehan seksual terhadap dirinya pada 1983 ketika dia berusia 16 tahun.

Perempuan lain, yang diidentifikasi hanya sebagai Robin, menuduhnya pada Agustus 2017 atas pelecehan seksual ketika dia berusia 16 tahun pada 1973.

Pada September 2017, mantan aktris Renate Langer mengajukan pengaduan baru dengan tuduhan telah diperkosa oleh Polanski pada 1972 ketika dia berusia 15 tahun.

Pengacara Polanski membantah semua tuduhan itu dan menyebutnya tidak berdasar.


Editor : Nathania Riris Michico