Erdogan Berbicara dengan Raja Salman via Telepon, Turki-Saudi Makin Mesra

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 05 Mei 2021 - 07:07:00 WIB
Erdogan Berbicara dengan Raja Salman via Telepon, Turki-Saudi Makin Mesra
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) dan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz. (Foto: SPA)

ANKARA, iNews.id – Presiden Turki, Tayyip Erdogan, dan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, kembali membahas hubungan bilateral dalam percakapan lewat telepon, Selasa (4/5/2021). Kurang dari sebulan lalu, dua pemimpin Dunia Islam itu juga sempat berkomunikasi lewat saluran yang sama.

Reuters melansir, Turki memang tengah berusaha meningkatkan lagi hubungannya dengan Arab Saudi. Sebelumnya, hubungan kedua negara memburuk pascaperistiwa pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi oleh regu pembunuh Arab Saudi di Istanbul pada 2018.

Tahun lalu, para pengusaha Saudi mendukung boikot tidak resmi atas barang-barang Turki yang masuk ke negara Teluk itu. Sikap mereka itu sebagai tanggapan atas “permusuhan” yang ditunjukkan Ankara terhadap Riyadh. Langkah boikot tersebut memangkas nilai perdagangan Turki di Saudi sebesar 98 persen.

Juru bicara Erdogan, Ibrahim Kalin, sebelumnya mengatakan kepada Reuters bahwa presiden Turki dan Raja Salman melakukan percakapan yang positif lewat teleponpada April lalu. Menurut dia, menteri luar negeri kedua negara juga sepakat untuk bertemu.

Pembicaraan via telepon antara Erdogan dan Raja Salman kemarin terjadi sehari menjelang pertemuan para pejabat Turki dan Mesir di Kairo. Pertemuan itu juga menjadi langkah terbaru Turki untuk memperbaiki hubungan dengan kekuatan Arab—yang juga sekutu AS—lainnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2