Erdogan Kutuk Zionis, tapi Hubungan Dagang Turki dan Israel Malah Makin Mesra

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 13:26:00 WIB
Erdogan Kutuk Zionis, tapi Hubungan Dagang Turki dan Israel Malah Makin Mesra
Kargo Israel mendarat di Turki untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir, Minggu (24/5/2020). (Foto: Twitter)

ANKARA, iNews.id – Sebuah pesawat kargo Israel mendarat di Istanbul, Minggu (24/5/2020). Ini adalah pertama kalinya kargo Israel masuk ke Turki dalam 10 tahun terakhir, menurut laman Alarabiyah.

Perusahaan penerbangan Israel, El Al, mendarat di Istanbul pada Minggu pagi, menurut sebuah tweet dari Kedutaan Besar Israel di Turki. Tweet itu mengungkapkan, penerbangan tersebut akan membantu perdagangan antara kedua negara.

Namun, pada saat yang sama, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk rencana zionis mencaplok Tanah Palestina. Dia pun menyuarakan dukungan untuk Palestina menjelang Idul Fitri, hari raya yang menandai berakhirnya Bulan Suci Ramadhan.

“Kami tidak akan membiarkan tanah Palestina ditawarkan kepada siapa pun. Minggu lalu kami menyaksikan bahwa proyek pendudukan dan pencaplokan baru, yang mengabaikan kedaulatan Palestina dan hukum internasional, diberlakukan oleh Israel,” ungkap Erdogan dalam sebuah pesan video, seperti dilaporkan Anadolu.

“Saya ingin menegaskan kembali bahwa al-Quds al-Syarif (Yerusalem), situs suci tiga agama dan kiblat pertama kami, adalah garis merah untuk semua Muslim di seluruh dunia. Jelas bahwa tatanan global telah lama gagal menghasilkan keadilan, perdamaian, ketenangan, dan ketertiban,” ucap Erdogan menambahkan.

Pada April lalu, Turki mulai memasok peralatan medis ke Israel untuk membantu negara itu melawan pandemi virus corona (Covid-19), demikian Bloomberg sebelumnya melaporkan.


Editor : Ahmad Islamy Jamil