Erdogan Tak Ingin Turki Tersisih: Kami Bayangkan Masa Depan Bersama Eropa

Anton Suhartono ยท Sabtu, 21 November 2020 - 21:56 WIB
Erdogan Tak Ingin Turki Tersisih: Kami Bayangkan Masa Depan Bersama Eropa

Recep Tayyip Erdogan ajak Uni Eropa berdialog di tengah konflik sengketa Mediterania timur (Foto: AFP)

ANKARA, iNews.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengajak Uni Eropa berdialog. Dia juga memperingatkan organisasi perkumpulan negara-negara Eropa itu tidak menjadi alat permusuhan di tengah meningkatnya ketegangan di Mediterania timur.

Pengerahan kapal Turki untuk mencari sumber gas alam di perairan sengketa yang juga diklaim oleh Yunani itu memicu perang verbal sengit Erdogan dengan pemimpin negara-negara Eropa. Al hasil, Uni Eropa pada awal bulan ini memperpanjang sanksi terhadap Turki setahun lagi.

Bagian dari sanksi tersebut termasuk larangan visa dan pembekuan aset terhadap individu yang terlibat dalam eksplorasi gas di wilayah sengketa Mediterania.

"Kami berharap Uni Eropa menepati janjinya, tidak mendiskriminasi kami atau setidaknya tidak menjadi alat untuk membuka permusuhan yang menargetkan negara kami," kata Erdogan, dalam pidato kepada anggota Kongres partai berkuasa, seperti dilaporkan AFP, Sabtu (21/11/2020).

"Kami tidak melihat diri kami di tempat lain, kecuali Eropa. Kami membayangkan bisa membangun masa depan bersama dengan Eropa," ujarnya, menambahkan.

Pernyataan itu disampaikan Erdogan sebulan menjelang pertemuan para pemimpin Uni Eropa untuk menentukan apakak akan menjatuhkan sanksi lebih lanjut terkait aktivitas Turki di Mediterania atau tidak.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua