Facebook Masukkan Politikus India Pembenci Muslim dalam Daftar Orang Berbahaya

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 03 September 2020 - 19:41 WIB
Facebook Masukkan Politikus India Pembenci Muslim dalam Daftar Orang Berbahaya

Laman Facebook (ilustrasi). (Foto: Istimewa)

NEW DELHI, iNews.idFacebook telah melarang salah satu politikus sayap kanan India, T Raja Singh, untuk beraktivitas lewat platform media sosial itu. Larangan tersebut keluar lantaran sang politikus kerap menyebarkan ujaran kebencian tentang Islam dan kaum Muslim.

Raja Singh adalah anggota parlemen wilayah dari partai berkuasa pendukung Perdana Menteri Narendra Modi, Bharatiya Janata (BJP). “Akunnya telah diblokir karena melanggar kebijakan kami yang melarang orang-orang yang mempromosikan atau terlibat dalam kekerasan dan kebencian untuk hadir di platform kami,” seorang juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP, Kamis (3/9/2020).

Menurut jubir itu, pihak Facebook telah melalui proses ekstensif sebelum mengambil keputusan untuk memblokir politikus radikal pendengung Islamofobia tersebut. Raja Singh menjadi pemberitaan utama di India karena menyebut pengungsi Muslim Rohingya dari Myanmar sudah seharusnya ditembak. Kini, lelaki itu bakal dimasukkan ke dalam daftar “orang-orang berbahaya” di Facebook.

Kepada AFP, Raja Singh menilai keputusan Facebook memblokir akunnya itu sebagai serangan terhadap Partai Bharatiya Janata yang mengusung ideologi nasionalis Hindu. “Mereka (Facebook) menyasar BJP melalui saya. Itu tindakan yang disengaja melawan BJP,” kata Raja Singh berkilah.

Menurut Raja Singh, akunnya telah diretas ketika pernyataan “Muslim Rohingya harus ditembak” muncul di sana. Akan tetapi, lelaki itu mengatakan kepada AFP bahwa dia akan mendukung siapa saja yang menyerukan agar semua orang Rohingya diusir dari Negara Bagian Telengana—tempat Raja Singh berasal.

Editor : Ahmad Islamy Jamil