FBI Peringatkan Unjuk Rasa Bersenjata di Seluruh AS Jelang Pelantikan Joe Biden

Anton Suhartono ยท Selasa, 12 Januari 2021 - 06:50:00 WIB
FBI Peringatkan Unjuk Rasa Bersenjata di Seluruh AS Jelang Pelantikan Joe Biden
FBI memperingatkan potensi unjuk rasa bersenjata di Washington DC serta 50 ibu kota negara bagian menjelang dan saat pelantikan Joe Biden (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Biro Penyelidikan Federal (FBI) Amerika Serikat memperingatkan kemungkinan unjuk rasa bersenjata yang dilakukan para pendukung Donald Trump di Washington DC serta 50 ibu kota negara bagian menjelang dan saat pelantikan Joe Biden pada 20 Januari 2021.

Sumber di FBI mengatakan kepada Reuters, seperti diberitakan Selasa (12/1/2021), peluang terciptanya kekerasan terbuka lebar pascapenyerbuan ke Gedung Capitol pada 6 Januari lalu yang menewaskan lima orang, termasuk satu polisi.

FBI mengeluarkan peringatan untuk akhir pekan ini serta sepekan mendatang sampai hari pelantikan pada Rabu (20/1/2021). Taman serta tempat wisata di sekitar Gedung Capitol juga ditutup hingga 24 Januari 2021.

Sementara itu Garda Nasional akan mengerahkan hingga 15.000 tentara ke Washington DC untuk memperkuat pengamanan. Kepala Biro Garda Nasional Daniel Hokanson mengatakan, sekitar 10.000 tentara akan tiba di Washington DC pada Sabtu, selain memperkuat pengamanan juga membantu logistik dan komunikasi.

Dia mengatakan jumlah pasukan bisa ditambah menjadi 15.000 personel jika ada permintaan dari pemerintah setempat. Ini sesuai dengan permintaan legislator Partai Demokrat yang meminta agar Departemen Pertahanan berbuat lebih untuk memastikan keamanan di Washington DC.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2