Ferdinand Marcos Jr Janji Keras ke China soal Sengketa Wilayah: Tak Ada Kompromi!

Anton Suhartono ยท Kamis, 26 Mei 2022 - 12:48:00 WIB
Ferdinand Marcos Jr Janji Keras ke China soal Sengketa Wilayah: Tak Ada Kompromi!
Ferdinand Marcos Jr janji bersikap tegas terhadap China soal sengketa Laut China Selatan (Foto: Reuters)

MANILA, iNews.id - Presiden Filipina terpilih Ferdinand Marcos Jr berjanji tak akan membiarkan campur tangan asing. Dia juga berkomitmen mempertahankan kedaulatan negara dan melawan setiap gangguan China terkait sengketa perairan di Laut China Selatan.

Dalam pernyataan, Kamis (26/5/2022), pria yang akan dilantik sebagai presiden pada 30 Juni itu menegaskan akan menolak klaim China dan tetap berpegang pada putusan Pengadilan Arbitrase Internasional tahun 2016 yang memperjelas wilayah hak ekonomi Filipina.

"Tidak ada ruang gerak di sana. Kedaulatan kita adalah suci. Kita tidak akan mengompromikannya dengan cara apa pun," kata Marcos, dalam wawancara dengan juru bicaranya yang baru, sebagaimana ditayangkan di Facebook.

"Kita adalah negara berdaulat dengan pemerintahan yang berfungsi. Kita tidak perlu diberi tahu oleh siapa pun tentang bagaimana menjalankan negara sendiri. Tidak ada ruang untuk negosiasi di sana. Itu suci, tidak bisa diganggu gugat," ujarnya, menambahkan.

Lebih lanjut putra Ferdinand Marcos, diktator Filipina yang digulingkan melalui people power pada 1986, itu mengatakan tidak akan membiarkan garis pantai negaranya atau zona ekonomi eksklusif sejauh 200 mil dilanggar.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda