Filipina Tawarkan Perawat untuk Ditukar dengan Vaksin Covid ke Inggris dan Jerman

Anton Suhartono ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 06:08:00 WIB
Filipina Tawarkan Perawat untuk Ditukar dengan Vaksin Covid ke Inggris dan Jerman
Filipina menawarkan tenaga kesehatan untuk ditukar dengan vaksin Covid-19 kepada Inggris dan Jerman (Foto: Reuters)

MANILA, iNews.id - Filipina berupaya mengamankan kebutuhan vaksin Covid-19 untuk negaranya, meskipun harus menukarnya dengan tenaga perawat. Tawaran ini diberikan kepada Inggris dan Jerman.

Pemerintah Filipina akan mengizinkan ribuan petugas kesehatan, mayoritas perawat, untuk bekerja di Inggris dan Jerman jika kedua negara tersebut setuju memberikan vaksin virus corona sebagai imbalan.

Direktur Urusan Internasional Kementerian Tenaga Kerja Filipina Alice Visperas mengatakan, negaranya terbuka untuk mencabut pembatasan pengiriman tenaga kesehatan dengan imbalan vaksin Covid-19 dari Inggris dan Jerman. Vaksin yang didapat dari Inggris dan Jerman akan digunakan untuk tenaga kerja Filipina di luar negeri maupun pekerja yang baru pulang.

Saat ini ada jutaan warga Filipina yang bekerja di luar negeri. Mereka berkontribusi lebih dari 30 miliar dolar AS per tahun dalam pengiriman uang ke dalam negeri.

"Kami sedang mempertimbangkan permintaan untuk mencabut pembatasan, sesuai kesepakatan," kata Visperas, dikutip dari Reuters, Rabu (24/2/2021).

Filipina telah melonggarkan larangan penempatan petugas kesehatan di luar negeri menjadi 5.000 orang per tahun.

Sementara itu Kementerian Kesehatan Inggris menyatakan tidak tertarik dengan skema pertukaran tenaga kesehatan dengan vaksin. Pemerintah Inggris memprioritaskan penggunaan vaksin di dalam negeri. Setelah itu, mereka akan membagikan kelebihannya di masa depan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2