Gali Tanah, Remaja Israel Temukan Ratusan Koin Emas Berusia 1.100 Tahun

Anton Suhartono ยท Selasa, 25 Agustus 2020 - 12:41:00 WIB
Gali Tanah, Remaja Israel Temukan Ratusan Koin Emas Berusia 1.100 Tahun
Remaja Israel temukan ratusan koin emas berusia 1.100 tahun lebih (Foto: AFP)

TEL AVIV, iNews.id - Peneliti arkeologi Israel mengungkap temuan ratusan koin emas yang disimpan di dalam bejana dari tanah liat, diperkirakan usianya lebih dari 1.100 tahun.

Badan purbakala menyatakan, harta karun tersebut ditemukan pada 18 Agustus di Israel tengah oleh sekelompok remaja yang secara sukarela membantu penggalian, sebelum lokasi itu dibangun.

Total ada 425 koin yang ditemukan, usianya diperkirakan antara 1.100 sampai 1.200 tahun. Menilik ke belakang, masa itu berada di bawah Kekhalifahan Abbasiyah, seperti dikutip dari AFP, Selasa (25/8/2020).

“Orang yang mengubur harta karun ini 1.100 tahun lalu pasti berharap akan mengambilnya, bahkan mengamankan bejana itu dengan paku agar tidak bergerak. Kami hanya bisa menebak apa yang mencegahnya kembali untuk mengumpulkan harta karun ini," kata direktur penggalian, Liat Nadav-Ziv.

Koin-koin tersebut ditemukan di bawah tanah lokasi yang dulunya bengkel. Identitas pemilik bengkel masih misteri.

Seorang sukarelawan remaja yang menemukan koin tersebut, Oz Cohen, mengaku terkejut.

“Sungguh menakjubkan. Saya menggali tanah dan melihat benda yang tampak seperti daun sangat tipis. Ketika saya melihatnya lagi, saya mendapati itu merupakan koin emas. Sungguh menyenangkan menemukan harta karun yang begitu istimewa dan kuno," tuturnya.

Editor : Anton Suhartono