Gembong Kudeta Kunjungi Moskow, Rusia Bakal Perkuat Hubungan Militer dengan Myanmar

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 23 Juni 2021 - 15:35:00 WIB
Gembong Kudeta Kunjungi Moskow, Rusia Bakal Perkuat Hubungan Militer dengan Myanmar
Gembong kudeta yang juga pemimpin junta Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id Rusia menyatakan bakal memperkuat hubungan militer dengan Myanmar. Komitmen itu disampaikan negara bekas Uni Soviet itu dalam kunjungan gembong kudeta yang juga pemimpin junta Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, ke Moskow, Selasa (22/6/2/2021).

“Kami bertekad untuk melanjutkan upaya kami untuk memperkuat hubungan bilateral berdasarkan saling pengertian, rasa hormat, dan kepercayaan yang telah dibangun antara negara kami,” kata Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, dikutip kembali dari kantor berita RIA, Rabu (23/2/2021).

Min Aung Hlaing berada di Moskow untuk menghadiri konferensi keamanan yang digelar di ibu kota Rusia tersebut minggu ini.

Para aktivis HAM menuduh Moskow melegitimasi junta militer Myanmar yang berkuasa di negara Asia Tenggara itu sejak kudeta 1 Februari lalu. Salah satu bentuk legitimasi dari Rusia tersebut adalah dengan melanjutkan kunjungan bilateral dan kesepakatan senjata dengan junta Myanmar.

Pada Maret lalu, Rusia menyatakan bahwa pihaknya sangat prihatin dengan meningkatnya jumlah kematian warga sipil di Myanmar.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2