Gempa Bermagnitudo 5,3 Guncang Filipina, Warga Manila Panik

Anton Suhartono ยท Minggu, 10 Mei 2020 - 13:07:00 WIB
Gempa Bermagnitudo 5,3 Guncang Filipina, Warga Manila Panik
Gempa bumi M5,3 guncang Filipina (USGS)

MANILA, iNews.id - Gempa bumi bermagnitudo 5,3 menguncang Luzon, pulau utama di Filipina, Minggu (10/5/2020) pagi. Guncangan kuat dirasakan warga Kota Manila menyebabkan kepanikan.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut, titik pusat gempa berada di laut, yakni di 14.0476 lintang utara dan 120.525 bujur timur dengan kedalaman 85 kilometer.

Ada tiga gempa bumi yang guncangannya dirasakan luas di beberapa wilayah Filipina hari ini, namun belum bisa dipastikan apakah ketiganya saling terkait atau tidak.

Gempa terjadi zona subduksi kembar yang membentuk pulau-pulau. Zona ini berpotensi memicu gempa besar. Delapan gempa besar tejadi di zona ini selama 200 tahun terakhir.

Sementara itu Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (PHIVOLCS), seperti dikutip dari Philippine Daily Inquirer, menyatakan, gempa terbaru yang terjadi pukul 03.18 waktu setempat, berpusat di laut, sekitar 31 km timur laut Pulau Lubang. Hanya saja, PHIVOLCS menyebut magnitudonya 5,5.

Gempa tak menimbulkan tsunami, meski guncangan susulan sangat mungkin terjadi.

Guncangan dirasakan di seluruh wilayah Luzon, termasuk Manila dan Kota Quezon. Beberapa warga mengatakan guncangan cukup kuat hingga membangunkan orang dan memicu kepanikan.

Tak ada laporan kerusakan dan korban akibat gempa ini.

Editor : Anton Suhartono