Gempa Besar Guncang Jepang, Perjalanan Kereta Terhenti dan 100 Orang Terluka

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 14 Februari 2021 - 09:35:00 WIB
Gempa Besar Guncang Jepang, Perjalanan Kereta Terhenti dan 100 Orang Terluka
Dinding pembatas jalan runtuh di Kunimi, Prefektur Fukushima, Jepang, akibat gempa besar yang melanda negara itu Sabtu (13/2/2021) malam. (Foto: Reuters)

IWAKI, iNews.idGempa besar mengguncang Jepang, akhir pekan ini. Akibatnya, lebih dari 100 orang terluka dan perjalanan kereta terhenti di sebagian besar wilayah timur negara itu.

Reuters melansir, gempa yang menguncang Jepang kali ini berpusat di daerah yang sama dengan gempa Fukushima 2011—yang memicu tsunami hampir 10 tahun yang lalu. 

Kali ini, gempa dengan magnitudo 7,3 melanda negeri sakura sesaat sebelum tengah malam Sabtu (13/2/2021), tepatnya pukup 23.08 waktu setempat atau 21.08 WIB. Banyak dinding bangunan yang retak. Kaca-kaca jendela  pun pecah. Gempa juga memicu tanah longsor di Fukushima.

Gempa juga mengguncang gedung-gedung di Ibu Kota Jepang, Tokyo, yang jaraknya ratusan kilometer dari pusat gempa. Ratusan ribu bangunan mengalami pemadaman aliran listrik pascagempa. 

Listrik telah pulih kembali sepenuhnya pada pagi ini. Kendati demikian, pasokan air ke ribuan rumah masih terhenti. Banyak penduduk mengantre dengan jeriken plastik di tangan untuk mendapatkan air bersih dari truk-truk tanki.

Menurut statsiun televisi NHK, sedikitnya 104 orang terluka akibat bencana tadi malam. Beberapa di antara mereka ada yang menderita patah tulang. Namun, tidak ada korban tewas yang dilaporkan sejauh ini.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2