Gempa M7,6 di Papua Nugini Renggut Korban Jiwa, Sejumlah Rumah Rusak dan Tertimbun Lonsor

Anton Suhartono ยท Minggu, 11 September 2022 - 14:16:00 WIB
Gempa M7,6 di Papua Nugini Renggut Korban Jiwa, Sejumlah Rumah Rusak dan Tertimbun Lonsor
Gempa bumi M7,6 mengguncang Papua Nugini Minggu (11/9) pagi (Foto: Renagi Ravu via AP)

PORT MORESBY, iNews.id - Gempa bumi bermagnitudo 7,6 yang mengguncang Papua Nugini, Minggu (11/9/2022) pagi menelan korban jiwa serta menimbulkan kerusakan. Laporan media lokal menyebutkan, setidaknya satu orang tewas dan ada korban luka.

Selain itu sejumlah rumah rusak, bahkan ada yang terkubur longsor. Informasi dari daerah terdampak gempa masih sulit didapat karena berada di daerah terpencil.

Penduduk Papua Nugini di wilayah lain membagikan foto dan video ke media sosial berisi jalan yang retak serta bangunan dan mobil yang rusak. Selain itu barang-barang berserakan dari rak supermarket.

Guncangan gempa yang terjadi sekitar pukul 09.45 waktu setempat itu dirasakan sangat kuat memicu kepanikan penduduk. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan, titik pusat gempa berada di 67 kilometer sebelah timur Kainantu, kota di Eastern Highlands. 

Guncangannya dirasakan hingga Ibu Kota Port Moresby yang berjarak sekitar 500 km dari titik pusat gempa.

Sistem Peringatan Dini Tsunami Pasifik yang berada di Amerika Serikat sempat mengeluarkan peringatan gelombang berbahaya hingga radius 1.000 km, namun kemudian dicabut.

Papua Nugini terletak di Cincin Api Samudera Pasifik, titik aktivitas seismik karena gesekan antara lempeng tektonik.

Gempa kuat terakhir yang mengguncang negara tetangga itu terjadi pada 2018 yakni bermagnitudo 7,5. Bencana itu menewaskan lebih dari 100 orang dan merusak ribuan rumah.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda