Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Utara Selandia Baru, Tak Ada Ancaman Tsunami

Anton Suhartono ยท Sabtu, 29 Januari 2022 - 11:06:00 WIB
Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Utara Selandia Baru, Tak Ada Ancaman Tsunami
Gempa bumi M6,4 megguncang Kermadec, sebelah utara Selandia Baru, Sabtu (29/1) (USGS)

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi bermagnitudo 6,4 mengguncang Kepulauan Kermadec, sebelah utara Selandia Baru, Sabtu (29/1/2022) pukul 15.46 waktu setempat.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan, gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer. Sebelumnya USGS mengungkap kekuatan gempa M6,6, namun dimutakhirkan menjadi 6,4.

Pusat Peringatan Tsunami AS menyebutkan, gempa di Kermadec tak berpotensi tsunami.

Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) Selandia Baru juga menyatakan, gempa kemungkinan tak memicu tsunami. NEMA dan otoritas seismologi Selandia Baru GNS Science dalam penilaiannya menyatakan, kemungkinan tak akan terjadi genangan di pantai atau banjir di daratan.

"Warga tidak perlu mengungsi kecuali diminta secara langsung oleh otoritas pertahanan sipil setempat," bunyi pernyataan NEMA.

Disebutkan, NEMA dan para pakar masih menilai apakah ada aktivitas semisal tsunami lainnya, seperti arus laut kuat serta gelombang tak terduga yang menerjang pantai.

Gempa ini terjadi 2 pekan setelah Selandia Baru diterjang tsunami akibat letusan gunung berapi bawah laut Tonga. Tsunami menyebabkan lebih dari 120 orang mengungsi akibat terjangan gelombang kuat. Beberapa perahu dan dermaga juga rusak.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: