Kisah Pria 57 Tahun Selamat dari Terjangan Tsunami Tonga, Bertahan 27 Jam di Laut Pasifik

Anton Suhartono ยท Jumat, 21 Januari 2022 - 07:13:00 WIB
Kisah Pria 57 Tahun Selamat dari Terjangan Tsunami Tonga, Bertahan 27 Jam di Laut Pasifik
Lisala Folau selamat dari terjangan tsunami di Tonga (Foto: Facebook)

NUKU'ALOFA, iNews.id - Lisala Folau, pria 57 tahun di Tonga, selamat setelah disapu tsunami letusan gunung bawah laut pekan lalu. Dia terbawa ombak ke Samudera Pasifik selama 1 hari lebih sebelum mencapai sebuah pulau kecil.

Folau menceritakan pengalaman mengerikannya itu kepada stasiun radio Tonga, Broadcom FM, seperti dilaporkan surat kabar Guardian. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu pekan lalu saat tsunami besar pertama menyapu Tonga. Gelombang setinggi lebih dari 1 meter menyapu apa saja yang dilewatinya di pantai. 

Saat itu Folau sedang mengecat rumah dibantu keponakan. Tiba-tiba ombak menghantam pantai, lalu dia dan keponakan memanjat pohon. Mereka kemudian turun karena mengira gelombang telah berlalu. Namun begitu mencapai tanah, Folau tersapu arus ke laut. Sejak itu hingga saat ini Folau belum berjumpa lagi dengan keponakannya.

Menurut Folau, saat itu dia mencoba tenang dengan tetap berusaha dalam posisi mengambang sambil mengatasi ganasnya gelombang. Dia diuntungkan karena menjumpai kayu yang ikut hanyut terbawa tsunami.

Saat kondisi memungkinkan, Folau berenang secara perlahan namun pasti menuju sebuah pulau yakni Tongatapu. Dia diperkirakan berada di laut lepas selama lebih dari 27 jam. Dia berenang hingga mencapai Tongatapu sejauh 13 kilometer.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda