Gerebek Kantor Firma Hukum, Polisi Hong Kong Tangkap Pengacara Amerika

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 06 Januari 2021 - 12:28:00 WIB
Gerebek Kantor Firma Hukum, Polisi Hong Kong Tangkap Pengacara Amerika
Ilustrasi penangkapan. (Foto: Istimewa)

HONG KONG, iNews.id – Polisi Hong Kong menangkap seorang pengacara Amerika dalam penggerebekan sebuah firma hukum di kota bekas jajahan Inggris itu, Rabu (6/1/2021). Penangkapan pengacara tersebut diduga terkait dengan pelanggaran UU Keamanan Nasional

RTHK melaporkan, pengacara bernama John Clancey itu ditangkap selama penggerebekan Kantor Ho, Tse, Wai & Partners. Pria itu diketahui menjadi anggota kelompok yang terkait dengan para pengunjuk rasa prodemokrasi di Hong Kong.  

Clancey juga menjabat ketua Asian Human Rights Commission (AHRC), sebuah lembaga nonpemerintah yang berfokus pada isu-isu HAM.

Sampai berita ini diunggah, Firma hukum Ho, Tse, Wai & Partners dan Kepolisian Hong Kong belum menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Pada 5 Oktober 2019, ratusan pengunjuk rasa—yang hampir semuanya mengenakan masker—menggelar demonstrasi tanpa izin melalui wilayah pusat perbelanjaan populer Causeway Bay. 

Malam sebelum demonstrasi itu berlangsung, Hong Kong dilanda kerusuhan. Kekacauan meluas ketika para demonstran garis keras menghancurkan puluhan stasiun kereta bawah tanah; merusak toko-toko yang memiliki kaitan dengan China daratan; membakar barang-barang, dan; memblokir akses jalan raya. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2