Taipan Media Hong Kong Jimmy Lai Didakwa Bersekongkol dengan Kekuatan Asing, Terancam Bui Seumur Hidup

Anton Suhartono ยท Jumat, 11 Desember 2020 - 14:34:00 WIB
Taipan Media Hong Kong Jimmy Lai Didakwa Bersekongkol dengan Kekuatan Asing, Terancam Bui Seumur Hidup
Jimmy Lai dijerat dengan UU keamanan nasional atas tuduhan bersekongkol dengan kekuatan asing (Foto: Reuters)

HONG KONG, iNews.id - Taipan media Hong Kong yang juga tokoh pro-demokrasi Jimmy Lai dijerat dengan undang-undang (UU) keamanan nasional yang disetujui pada pertengahan tahun ini. Dia dituduh bersekongkol dengan kekuatan asing.

Pria yang juga pengkritik kebijakan China itu menjadi orang penting pertama Hong Kong yang terjerat UU kontroversial tersebut sejak diberlakukan pada Juni.

Surat kabar Apple Daily melaporkan, Lai dijadwalkan hadir di pengadilan pada Sabtu (12/12/2020).

UU keamanan nasional yang merupakan produk China menghukum siapa saja yang dituduh berusaha memisahkan Hong Kong dari China, melakukan tindakan subversif, terorisme, serta berkolusi dengan kekuatan asing. Hukuman maksimalnya adalah penjara seumur hidup.

Negara-negara Barat dan kelompok hak asasi manusia (HAM) menyebut UU ini sebagai cara untuk membungkam perbedaan pendapat di wilayah semi-otonomi yang diserahkan Inggris ke China pada 2007 itu.

Pihak berwenang Hong Kong dan China beralasan sangat penting menutup lubang menganga dalam mempertahankan keamanan nasional yang terekspos oleh aksi unjuk rasa besar-besaran anti-pemerintah dan anti-China sejak 2018.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2