Giliran Kucing Peliharaan yang Terinfeksi Virus Corona

Anton Suhartono ยท Rabu, 01 April 2020 - 09:44 WIB
Giliran Kucing Peliharaan yang Terinfeksi Virus Corona

Seekor kucing di Hong Kong terinfeksi virus corona (Ilustrasi, Foto: AFP)

HONG KONG - iNews.id - Seekor kucing peliharaan dinyatakan positif terinfeksi virus corona, Selasa (31/3/2020). Kucing tersebut milik warga yang lebih dulu dinyatakan positif Covid-19.

Otoritas satwa Hong Kong, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (1/4/2020), menyatakan, kucing itu dalam pemantauan dan perawatan terus menerus.

Pengetesan sampel berupa cairan yang diambil dari mulut, hidung, dan anus menunjukkan hasil positif. Dia dikarantina sejak 30 Maret 2020.

Departemen Pertanian dan Perikanan Hong Kong menegaskan, hewan peliharaan tak bisa menularkan virus corona ke manusia, sehingga warga diminta tak menelantarkan peliharaan mereka terkait laporan kasus ini.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menegaskan, tidak ada bukti bahwa anjing, kucing, maupun hewan peliharaan lain dapat menularkan virus corona.

Kucing tersebut diketahui merupakan hewan ketiga di Hong Kong yang terinfeksi Covid-19, setelah dua ekor anjing.

Hasil tes pada dua ekor anjing sebelumnya menunjukkan lemah positif dan positif. Kedua anjing tersebut juga milik warga yang lebih dulu dinyatakan positif terinfeksi.

Asosiasi Dokter Hewan Hong Kong menyatakan, kasus infeksi virus corona pada kucing sebelumnya juga dilaporkan di Belgia. Virus diyakini didapat dari majikan yang lebih dulu terinfeksi Covid-19.

Disebutkan, pada umumnya kasus infeksi pada hewan didapat dari manusia, baik itu majikan atau orang lain yang berkunjung ke rumah. Meski demikian, kasus-kasus seperti ini tidak perlu dikhawatirkan.

Editor : Anton Suhartono