Giliran Vietnam Padukan 2 Vaksin Covid AstraZeneca dengan Pfizer, Ini Alasannya

Anton Suhartono ยท Selasa, 13 Juli 2021 - 18:38:00 WIB
Giliran Vietnam Padukan 2 Vaksin Covid AstraZeneca dengan Pfizer, Ini Alasannya
Vietnam memadukan vaksin Covid AstraZeneca dengan Pfizer untuk menghindari potensi pembekuan darah (Foto: Reuters)

HANOI, iNews.id - Vietnam akan menawarkan vaksin Covid-19 Pfizer sebagai dosis kedua kepada warga yang sudah mendapatkan suntikan AstraZeneca. Namun bukan disebabkan permasalahan efektivitas atau kemanjuran, melainkan menghindari potensi pembekuan darah. 

Negara itu berjuang meningkatkan vaksinasi di tengah lonjakan kasus infeksi disebabkan Covid-19 varian Delta. Sebelum Mei 2021, total kasus infeksi virus corona di Vietnam di bawah 3.000 orang, namun pada Juli sudah menembus 30.000 orang.

Program vaksinasi Vietnam termasuk agak terlambat. Sejauh ini belum sampai 300.000 orang yang mendapat suntikan penuh atau dua dosis. Negara tersebut menggunakan vaksin AstraZeneca untuk program imunisasi massal.

Tawaran untuk memadukan vaksin dosis kedua disampaikan setelah pekan lalu Vietnam mendapat kiriman 97.000 dosis vaksin Pfizer.

"Vaksin Pfizer akan diprioritaskan bagi mereka yang sudah mendapat suntikan pertama AstraZeneca, 8 sampai 12 pekan sebelumnya," demikian pernyataan pemerintah, dikutip dari Reuters, Selasa (13/7/2021).

Vietnam juga akan menerima kiriman 1,5 juta dosis vaksin AstraZeneca dari Australia. Belum cukup, 1 juta dosis AstraZeneca juga akan tiba dari Jepang pekan ini.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: