Google Setop Donasi Politik untuk Anggota Kongres AS yang Menentang Hasil Pilpres

Djairan ยท Selasa, 26 Januari 2021 - 15:43:00 WIB
Google Setop Donasi Politik untuk Anggota Kongres AS yang Menentang Hasil Pilpres
Logo Google (ilustrasi). (Foto: Ist.)

MOUNTAIN VIEW, iNews.idGoogle menyatakan tidak lagi memberikan donasi hasil kontribusi komite aksi politik perusahaan itu kepada anggota Kongres AS yang memberikan suara menentang pengesahan hasil Pilpres AS 2020.

Pada awal Januari 2021, pascapenyerbuan Gedung Parlemen AS (Capitol) oleh pendukung mantan Presiden Donald Trump, raksasa teknologi itu memang berencana menghentikan kontribusinya. Keputusan itu guna menilai kembali kebijakan kontribusi politik Google terhadap pelaksanaan Pilpres AS.

“Setelah peninjauan itu, dewan NetPAC telah memutuskan bahwa mereka tidak akan memberikan kontribusi apa pun pada siklus ini, kepada anggota Kongres mana pun yang memberikan suara menentang sertifikasi hasil pemilihan presiden,” ungkap Google dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters, Selasa (26/1/2021).

Mengutip situs resmi Google pada laman Kebijakan Publik AS, NetPAC adalah sebuah komite aksi politik federal yang dibentuk pada 2006. Komite itu memungkinkan karyawan Google, melalui dana pribadi mereka, dapat memberikan dukungan pada pesta demokrasi Amerika Serikat.  

Namun, dukungan tersebut menjadi terganggu usai ratusan pendukung Trump menyerbu aula Kongres di Gedung Capitol, 6 Januari lalu. Para demonstran itu berupaya membalikkan kekalahan Trump—yang mereka klaim disebabkan oleh kecurangan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2