Joe Biden Tak Yakin Donald Trump Bisa Dimakzulkan

Anton Suhartono ยท Selasa, 26 Januari 2021 - 08:46:00 WIB
Joe Biden Tak Yakin Donald Trump Bisa Dimakzulkan
Joe Biden (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tidak yakin Donald Trump bisa dimakzulkan oleh Senat dalam sidang mendatang. 

Dalam wawancara dengan CNN, seperti dilaporkan kembali Reuters, Selasa (26/1/2021), Biden mengatakan, sulit untuk bisa mendapatkan 17 suara tambahan dari senator Partai Republik sebagai syarat untuk menerima pemakzulan.

Dalam komposisi perolehan kursi Partai Demokrat dan Republik di Senat 50-50, butuh 17 suara tambahan bagi kubu Demokrat agar berhasil memakzulkan Trump. Pemakzulan seorang presiden AS akan diterima jika mendapat persetujuan dari setidaknya dua per tiga senator.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS memakzulkan Donald Trump melalui voting pada Rabu (13/1/2021). Jika mengacu pada sidang pemakzulan di DPR, hanya 10 politisi Republik yang memberikan suara dukungan untuk menggulingkan Trump saat itu. Namun kondisi di DPR akan berbeda dengan Senat sebagai majelis tinggi.

Trump menjadi presiden AS pertama yang dimakzulkan dua kali oleh DPR setelah pada Desember 2019. Untuk kasus terbaru ini, Trump dituduh menghasut pemberontakan terkait serangan para pendukungnya ke Gedung Capitol pada 6 Januari untuk menghentikan sidang pengesahan kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS 2020.

Selain itu tuduhan bahwa Trump benar-benar menghasut pemberontakan harus bisa dibuktikan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2