Gudang Amunisi Rusia Meledak, Kemhan: Sabotase

Anton Suhartono · Rabu, 17 Agustus 2022 - 08:46:00 WIB
Gudang Amunisi Rusia Meledak, Kemhan: Sabotase
Rusia menyebut ledakan di gudang amunisinya di Krimea adalah sabotase (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id - Rusia menyebut ledakan terbaru di pangkalan militernya di Krimea, wilayah yang dicapok dari Ukraina, Selasa (16/8/2022), merupakan sabotase. Sementara itu Ukraina menyiratkan ledakan tersebut disebabkan serangan tentaranya, bertujuan menghancurkan jalur pasokan militer.

Serangkaian ledakan terjadi di pangkalan militer Rusia di Ukraina. Ledakan juga terjadi pekan lalu menghancurkan delapan jet tempur. Namun untuk ledakan pertama, Rusia mengklaim penyebabnya adalah ledakan amunisi.

Ledakan pada Selasa kemarin juga menghancurkan gudang amunisi, menghambat pengiriman logistik karena rusaknya jalur kereta api, serta memaksa evakuasi 2.000 warga di permukiman terdekat.

Setelah serangan itu, gumpalan asap terlihat dari pangkalan militer Rusia lainnya di Krimea bagian tengah. 

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan ledakan gudang amunisi pada Selasa adalah sabotase. Semenanjung Krimea merupakan rute pasokan utama bagi pasukan Rusia ke Ukraina bagian selatan serta untuk pangkalan armada Laut Hitam.

Sejauh ini Ukraina belum mengeluarkan pernyataan resmi bertanggung jawab atas serangan terbaru ini, namun beberapa pejabat secara terang-terangan mendukung upaya memukul mundur Rusia.

Mykhailo Podolyak, penasihat presiden Volodymyr Zelensky serta Andriy Yermak kepala staf Angkatan Bersenjata Ukraina bersuara di media sosial menggunakan kata "demiliterisasi", merujuk pada ejekan terhadap Rusia yang menggunakan istilah itu sebagai salah satu tujuannya menginvasi Ukraina.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda