Guru Meninggal Ditusuk Mantan Murid, Pelaku Tewas Ditembak Polisi

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 05:29 WIB
Guru Meninggal Ditusuk Mantan Murid, Pelaku Tewas Ditembak Polisi

Ilustrasi pelaku penusukan. (Foto: Istimewa)

BRATISLAVA, iNews.id – Seorang guru tewas ditusuk di sebuah sekolah dasar di Kota Vrutky, Slovakia, Kamis (11/6/2020). Menurut laporan aparat setempat, sejumlah polisi yang menanggapi insiden itu kemudian membunuh si penyerang.

Polisi mengidentifikasi pelaku penusukan tersebut sebagai pria berusia 22 tahun, seorang mantan murid di sekolah itu. Kota Vrutky, tempat kejadian pembunuhan itu, berada sekitar 180 kilometer sebelah timur laut Ibu Kota Slovakia, Bratislava.

Penyerang menikam dan membunuh wakil kepala sekolah dan melukai beberapa orang lainnya, termasuk seorang guru perempuan dan dua anak. Polisi yang tiba di lokasi lantas menembaki pria itu, membunuhnya di dekat sekolah, ketika sang pelaku berusaha melarikan diri.

Pembunuhan itu membuat geger seluruh masyarakat di Slovakia, negara di kawasan Eropa Tengah dengan jumlah penduduk 5,4 juta orang. Insiden itu dikatakan sebagai peristiwa serangan dengan kekerasan pertama yang terjadi di sekolah.

“Dia (pelaku) mendobrak pintu kaca untuk masuk. Seorang staf sekolah berusaha menghentikannya dan dia menggunakan pisau yang dibawanya,” ungkap Kepala Kepolisian Slovakia, Milan Lucansky, lewat laman Facebook miliknya seperti dikutip AFP, Kamis (11/6/2020).

“Serangannya membuat luka yang mematikan terhadap wakil kepala sekolah di sana dan melukai penjaga sekolah. Kemudian, pelaku masuk ke dalam gedung tempat dia melukai seorang guru perempuan dengan serius dan kemudian melukai dua anak dengan beberapa luka tusukan,” kata Lucansky.

Dia menuturkan, pelaku kemudian mencoba melarikan diri, sementara penjaga sekolah berusaha mengejarnya. Seorang polisi juga mengejarnya, tetapi dia mencoba membela diri dengan pisau sehingga polisi tadi dan polisi lainnya terpaksa menggunakan senjata mereka dan membunuhnya.

Belum diketahui apa yang menjadi motif pelaku melakukan penyerangan itu. Namun, Lucansky menyebut pria itu tampaknya memiliki gangguan kesehatan mental.

Editor : Ahmad Islamy Jamil