Haji Tetap Dilaksanakan di Tengah Pandemi, Arab Saudi Gelar Konferensi Pers Hari Ini

Anton Suhartono ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 05:34 WIB
Haji Tetap Dilaksanakan di Tengah Pandemi, Arab Saudi Gelar Konferensi Pers Hari Ini

Arab Saudi tetap melaksanakan ibadah haji tahun ini dengan jemaah sangat terbatas (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Arab Saudi memastikan tetap menggelar pelaksanaan haji tahun ini di tengah wabah virus corona, namun jumlah jemaahnya akan dibatasi.

Seluruh jemaah merupakan warga yang sudah berada di Saudi dan tak ada pendatang. Hal ini diterapkan untuk tetap menjaga kesehatan jemaah dari potensi paparan Covid-19.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi memastikan jemaah yang mengikuti haji tahun ini bisa berasal dari negara mana saja asalkan mereka sudah berada di sana.

“Diputuskan untuk mengadakan haji tahun ini dengan jumlah yang sangat terbatas, dengan kebangsaan yang berbeda,” demikian keterangan kementerian, seperti dilaporkan kantor berita Saudi Press Agency, Selasa (23/6/2020).

"Keputusan ini diambil untuk memastikan pelaksanaan haji digelar dengan cara yang aman dari perspektif kesehatan masyarakat serta sesuai dengan ajaran Islam.”

Meski demikian kementerian belum memastikan berapa jumlah jemaah yang bisa melaksanakan haji serta bagaimana pembagiannya per negara. Seperti diketahui banyak warga dari negara lain yang bermukim di Saudi, umumnya untuk bekerja dan menimba ilmu.

Untuk itu kementerian akan menggelar konferensi pers pada Selasa (23/6/2020) untuk membahas pelaksanaan haji secara terperinci.

Tahun lalu haji diikuti lebih dari 2,5 juta jemaah dari seluruh dunia, termasuk dari Saudi.

Editor : Anton Suhartono