Hampir 5.000 Tentara AS Dikerahkan ke Perbatasan Meksiko

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 06 November 2018 - 10:00 WIB
Hampir 5.000 Tentara AS Dikerahkan ke Perbatasan Meksiko

Tentara AS yang ditempatkan di perbatasan dengan Meksiko. (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Sekitar 4.800 tentara Amerika Serikat (AS) dikerahkan ke perbatasan dengan Meksiko, Senin (6/11/2018).

Sekitar 1.100 tentara ditempatkan di California, 1.100 lainnya di Arizona, dan 2.600 di Texas pada malam jelang pemilihan paruh waktu AS, yang menentukan apakah Partai Republik tetap memegang kekuasaan di Kongres.

"Ini terus menjadi situasi yang dinamis dengan lebih banyak unit dan personel dikerahkan ke area operasi dan kami berharap mencapai 5.200 personel yang dikerahkan hari ini," kata juru bicara Kementerian Pertahanan, Bob Manning, seperti dilaporkan AFP, Selasa (6/11/2018).

Manning mengatakan, lebih dari 7.000 pasukan tugas aktif diharapkan segera mendukung Kementerian Keamanan Dalam Negeri.

Sekitar 2.100 pasukan cadangan Garda Nasional aktif di daerah itu selama beberapa bulan, sehingga kedatangan pasukan baru akan membuat total kehadiran militer AS menjadi 9.000 pasukan.

Operasi itu bertujuan menghadang kelompok besar migran Amerika Tengah yang berjalan kaki menuju AS. Para imigran ini menuntut suaka di AS.

Saat ditanya soal biaya operasi, Manning menyebut hal itu ditentukan oleh bagian keuangan Pentagon.

Menurut Manning, kemneterian keamanan meminta pasukan tugas aktif, bukan pasukan cadangan yang biasanya mengambil bagian dalam operasi di tanah AS, untuk operasi ini.

Presiden Donald Trump sebelumnya mengumumkan akan mengerahkan militer dalam jumlah besar pada pekan lalu. Dia mengatakan hingga 15.000 tentara akan ambil bagian dalam operasi itu.


Editor : Nathania Riris Michico