Harta 10 Orang Terkaya di Dunia Melonjak Selama Pandemi, yang Miskin Makin Menderita

Anton Suhartono ยท Senin, 17 Januari 2022 - 20:55:00 WIB
Harta 10 Orang Terkaya di Dunia Melonjak Selama Pandemi, yang Miskin Makin Menderita
Penelitian Oxfam mengungkap, harta 10 orang terkaya di dunia melonjak selama pandemi Covid-19, sementara orang miskin makin menderita (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Hasil penelitian lembaga nirlaba berbasis di Inggris, Oxfam, Senin (17/1/2022), mengungkap kekayaan 10 orang terkaya di dunia meningkat dua kali lipat lebih selama pandemi Covid-19. Sebaliknya, orang miskin di seluruh dunia terus menderita akibat tak mendapatkan akses ke vaksin serta perawatan kesehatan.

Laporan berjudul 'Ketidaksetaraan yang Membunuh' itu menyebutkan, orang kaya diuntungkan dari pilihan kebijakan struktural dan sistemik yang cenderung menguntungkan mereka. Sementara itu, masyarakat miskin dirugikan oleh keputusan tersebut.

“Jutaan orang masih akan hidup hari ini jika mereka mendapatkan vaksin, tapi mereka mati, tidak punya kesempatan, sementara perusahaan farmasi besar terus memegang kendali monopoli atas teknologi,” kata Oxfam dalam laporannya, dikutip dari RT.

Disebutkan, proporsi korban meninggal akibat Covid-19 di negara-negara berkembang sekitar dua kali lipat dibandingkan negara-negara kaya.

“Vaksin dimaksudkan untuk mengakhiri pandemi, namun negara kaya membolehkan para miliarder farmasi dan monopoli untuk memotong pasokan kepada miliaran orang. Akibatnya, bisa dibayangkan setiap jenis ketimpangan berisiko meningkat,” kata Direktur Eksekutif Internasional Oxfam, Gabriela Bucher.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: