Hati-Hati! Covid Varian Inggris Kemungkinan Besar Bakal ‘Menyapu Dunia’

Djairan · Kamis, 11 Februari 2021 - 19:22:00 WIB
Hati-Hati! Covid Varian Inggris Kemungkinan Besar Bakal ‘Menyapu Dunia’
Pada pekan ketiga Januari lalu, varian baru Covid-19 asal Inggris diketahui sudah menyebar di 60 negara. (Foto: iNews.id)

LONDON, iNews.idVarian baru Covid-19 yang pertama kali ditemukan di Kent, Inggris, terus menjadi perhatian publik lantaran disebut-sebut bisa merusak perlindungan yang diberikan oleh vaksin corona. Bahkan, varian baru yang kini mulai dominan di Inggris itu kemungkinan besar berpotensi “menyapu dunia”.

Direktur Konsorsium Genomik Covid-19 Inggris (COG-UK), Sharon Peacock mengatakan, vaksin sejauh ini memang efektif melawan virus corona di Inggris. Akan tetapi, mutasi dari varian baru berpotensi merusak pertahanannya.

“Yang mengkhawatirkan adalah, varian yang disebut B.1.1.7 yang selama beberapa minggu dan bulan ini mulai bermutasi, dapat memengaruhi cara kita menangani virus dalam hal kekebalan dan efektivitas vaksin,” kata Peacock dikutip, Reuters, Kamis (11/2/2021).

Dia mengungkapkan, varian B.1.1.7 yang melanda Inggris cukup mengkhawatirkan, karena lebih mudah menular. Kini, virus tersebut terus berkembang sehingga memiliki mutasi baru yang dapat mengancam vaksinasi.

Seperti diketahui, ada tiga varian baru Covid-19 yang mengkhawatirkan para ilmuwan. Yang pertama adalah varian asal Afrika Selatan yang dikenal sebagai 20I/501Y.V2 atau juga disebut B.1.351. Berikutnya, varian asal Inggris yang dikenal sebagai 20I/501Y.V1 atau B.1.1.7.  Sementara, yang ketiga adalah varian asal Brasil yang dikenal sebagai P.1.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2