Heboh TV Rusia Tayangkan Acara Robot, Ternyata Isinya Pria Berkostum

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 13 Desember 2018 - 10:39 WIB
Heboh TV Rusia Tayangkan Acara Robot, Ternyata Isinya Pria Berkostum

Robot Rusia yang ternyata isinya manusia. (Foto: istimewa)

MOSKOW, iNews.id - Sebuah robot "state-of-the-art" yang muncul dalam acara di saluran berita utama TV Rusia ternyata merupakan seorang pria dalam kostum. Hal itu terungkap gara-gara postingan warganet.

Pada Selasa (11/12/2018), The Rossiya 24 menyiarkan cuplikan dari apa yang terlihat seperti robot yang bisa bernyanyi dan menari di forum teknologi untuk siswa sekolah.

"Di forum itu ada kesempatan untuk melihat robot-robot canggih," kata sang presenter, saat robot otomat menari di atas panggung, seperti dilaporkan kembali oleh AFP, Kamis (13/12/2018).

Namun, gambar-gambar yang dibagikan secara online dari belakang panggung di acara itu dengan jelas menunjukkan, ada manusia di dalam pakaian robot, melalui celah antara bodysuit dan headpiece.

Pria berkostum berada di balik sebuah robot yang muncul di acara televisi Rusia. (Foto: DHA)

"Saya pandai matematika tetapi sekarang saya ingin belajar seni dan komposisi musik," kata robot itu dengan suara metalik, saat lampu di wajahnya berubah warna, seperti terlohat dalam tayangan.

"Boris si Robot sudah belajar menari, dan tidak buruk dalam hal itu," lanjut sang reporter.

Robot otomat saat beraksi di atas panggung. (Foto: Twitter)

Dan yang paling jelas, setelan robot itu tampak sempurna dibuat untuk memungkinkan seorang pria untuk masuk ke dalamnya. Lalu, muncul pula gambar dari sudut yang sedikit berbeda, di mana terlihat jelas ada leher seseorang di dalam robot itu. 

Selain foto-foto tersebut, seorang Blogger menemukan situs web Robot Show, di mana terdapat satu set "Alyosha Robot", yang identik dengan yang ditampilkan di klip berita tersebut. Dalam situs itu, Alyosha Robot bisa dibeli.

Pada Rabu malam, setelah klip itu beredar, Rossiya 24 pun segera mengklarifikasinya. Rossiya 24 menyiarkan wawancara dengan wartawan yang membuat laporan asli.

Tampak leher di balik kostum robot tersebut. (Foto: Twitter)

"Saya benar-benar yakin semua orang akan menyadari itu adalah kostum, seperti Sinterklas, bahwa ini adalah proyek yang dibuat untuk anak-anak," katanya.

Penyelenggara acara tersebut tidak mengklaim bahwa Android itu bukanlah robot sutuhnya, melainkan seorang pria dalam kostum, menurut laporan lokal. Namun, ketika rekaman itu disiarkan ulang di televisi negara, kebingungan tentang apakah robot itu nyata atau hanya manusia muncul.


Editor : Nathania Riris Michico