Hikmah dari Corona, Penyu Belimbing yang Langka Bersarang Lagi di Pantai Thailand

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 20 April 2020 - 12:56 WIB
Hikmah dari Corona, Penyu Belimbing yang Langka Bersarang Lagi di Pantai Thailand

Penyu belimbing bergerak menuju laut setelah bertelur di pantai (ilustrasi). (Foto: AFP)

BANGKOK, iNews.id – Pemerintah Thailand mendapati sejumlah besar penyu belimbing langka di beberapa pantai—yang kini sepi setelah kehilangan pengunjung wisatawan akibat pandemi virus corona (Covid-19). Para pakar lingkungan mengatakan jumlah satwa langka yang ditemukan tersebut adalah yang terbesar dalam dua dekade terakhir.

Penutupan atau pembatasan sosial yang diberlakukan sejak munculnya wabah virus corona telah menarik satwa-satwa liar ke sejumlah lokasi yang lengang setelah ditinggalkan manusia. Di Thailand, pembatasan perjalanan, larangan penerbangan internasional, hingga imbauan kepada warga untuk tetap tinggal di rumah telah menyebabkan turunnya jumlah wisatawan secara drastis.

Akan tetapi, kebijakan itu membawa sisi keseimbangan baru, yakni membebaskan area pantai untuk satwa-satwa liar. Sebagai buktinya, ada 11 sarang penyu belimbing yang ditemukan pihak berwenang sejak November lalu di pantai Thailand.

“Ini adalah pertanda yang sangat bagus bagi kami karena banyak area untuk pemijahan telah dihancurkan oleh manusia. Sudah tidak ada sarang penyu sejenis yang ditemukan selama lima tahun sebelumnya,” ujar Direktur Pusat Biologi Laut Phuket, Kongkiat Kittiwatanawong, kepada Reuters seperti dikutip The Straits Times, Senin (10/4/2020).

“Jika kita dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kita tidak memiliki benih penyu sebanyak ini, karena hewan tersebut memiliki risiko tinggi terbunuh oleh alat tangkap nelayan dan mereka tak bisa lagi bersarang di pantai karena telah terganggu keramaian manusia,” tuturnya.

Penyu belimbing adalah penyu terbesar di dunia. Mereka dianggap terancam punah di Thailand, dan terdaftar sebagai spesies yang rentan secara global oleh International Union for Conservation of Nature.

Hewan itu bertelur di daerah yang gelap dan sunyi. Keberadaan mereka semakin langka lantaran para turis terus saja memadati pantai. Banyak juga orang jahil yang sengaja menggali sarang penyu itu dan mencuri telurnya.

Akhir Maret lalu, staf taman nasional di Provinsi Phanga Nga yang berbatasan dengan Laut Andaman menemukan 84 tetasan penyu belimbing setelah memantau telur-telur yang dieram dipantai daerah itu selama dua bulan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil