Hotel Disneyland Hong Kong Diusulkan Jadi Pusat Karantina Virus Korona

Anton Suhartono ยท Rabu, 05 Februari 2020 - 19:41 WIB
Hotel Disneyland Hong Kong Diusulkan Jadi Pusat Karantina Virus Korona

Hotel di Disneyland Resort Hong Kong diusulkan sebagai pusat karantina virus korona karena lokasinya yang jauh dari permukiman (Foto: AFP)

HONG KONG, iNews.id - Anggota parlemen Hong Kong, Yiu Si Wing, mengusulkan hotel di Disneyland Resort dijadikan pusat karantina penderita virus korona. Hal ini disebabkan lokasi resort itu yang terisolasi di Pulau Lantau.

Menurut legislator yang menangani komisi pariwisata itu, pemerintah harus mempertimbangkan tempat-tempat yang jauh dari permukiman untuk dijadikan lokasi karantina.

"(Pemerintah) Bisa mempertimbangkan menggunakan tempat-tempat yang jauh dari daerah perumahan, misalnya hotel-hotel di Hong Kong Disneyland Resort sebagai fasilitas karantina," kata Yiu, dalam surat kepada Menteri Perdagangan dan Pembangunan Ekonomi, Edward Yau Tang Wah, seperti dilaporkan South China Morning Post (SCMP), Rabu (5/2/2020).

Yiu menambahkan, Menteri Edward mengatakan kepadanya bahwa dia akan mempelajari saran tersebut.

Tiga hotel Disneyland yang memiliki total 1.750 kamar itu jauh dari perumahan maupun satu sama lain, sehingga ideal untuk menampung para penderita virus.

"Kami memberikan saran, mengingat situasi saat ini," katanya, seraya menambahkan bahwa dia belum berbicara dengan pihak taman hiburan.

Yiu pun akan memahami jika Disneyland menolak usulan tersebut karena bisa berdampak pada branding serta bagaimana meyakinkan para turis setelah hotel dibuka kembali. Disneyland Hong Kong sudah ditutup sejak 26 Januari 2020 terkait merebaknya virus korona di China.

Jumlah kasus virus korona di Hong Kong bertambah menjadi 21 hingga Rabu sore setelah tiga pasien dinyatakan positif.

Hong Kong juga menjadi wilayah kedua di luar China daratan yang memiliki kasus kematian akibat virus korona, setelah Filipina.

Virus korona sudah merenggut 492 nyawa dan menginfeksi lebih dari 24.500 orang di seluruh dunia.

Pejabat lokal Hong Kong masih mencari lokasi baru sebagai pusat karantina, di saat bersamaan memperluas fasilitas yang ada.

Ada 97 ruang hidup di tiga lokasi yang saat ini digunakan untuk merawat orang-orang yang pernah berhubungan dengan para penderita virus korona, yakni Lady MacLehose Holiday Village, Leak Kuk Po Leung Kuk Club Pak Tam Chung di Sai Kung, serta Taman Lei Yue Mun di Shau Kei Wan.

Selain itu disiapkan 300 unit mobile masing-masing bisa menampung sejumlah pasien.

Editor : Anton Suhartono