Hotel Tempat Karantina Virus Korona di China Ambruk, Korban Tewas Jadi 20 Orang

Anton Suhartono ยท Selasa, 10 Maret 2020 - 11:25 WIB
Hotel Tempat Karantina Virus Korona di China Ambruk, Korban Tewas Jadi 20 Orang

Korban tewas ambruknya hotel fasilitas karantina virus korona di China bertambah menjadi 20 orang (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Korban tewas akibat ambruknya Hotel Xinjia di Kota Quanzhou, Provinsi Fujian, China, bertambah menjadi 20 orang. Hotel tersebut difungsikan sebagai fasilitas karantina virus korona.

Petugas masih mencari 10 orang lainnya yang dikhawatirkan masih terperangkap di reruntuhan puing bangunan tujuh lantai itu.

Kementerian Manajemen Darurat China, seperti dikutip dari AFP, Selasa (10/3/2020), menyatakan, 41 orang berhasil diselamatkan meski kondisi mereka luka.

Hotel yang memiliki 80 kamar itu ambruk pada Sabtu (7/3/2020) malam, padahal baru 2 tahun difungsikan sebagai hotel. Usia gedung juga tergolong baru karena pembangunannya rampung pada 2013.

Otoritas kesehatan Quanzhou menjadikan Hotel Xinjia sebagai tempat untuk menampung warga yang menjalin kontak dengan penderita virus korona. Saat bangunan runtuh ada lebih dari 70 orang di dalamnya, sembilan orang dilaporkan berhasil menyelamatkan diri.

Sejauh ini ada 47 penderita virus korona di Quanzhou.

Operasi penyelamatan dibayangi kekhawatiran penularan virus korona karena lokasi yang disisir ratusan petugas merupakan fasilitas karantina.

Tim penyelamat saling membantu menyemprotkan disinfektan sebagai bagian dari tindakan dekontaminasi.

Namun media lokal Quanzhou Evening News melaporkan, semua orang yang dikarantina di hotel itu dinyatakan negatif virus.

Sementara itu polisi sudah memintai keterangan pemilik hotel serta pihak lain untuk mengetahui penyebab runtuhnya bangunan, apakah akibat kesalahan konstruksi atau ada kaitannya dengan proses renovasi lantai pertama yang dilakukan sebelum Tahun Baru Imlek.

Editor : Anton Suhartono