Houthi Digempur Habis-habisan, Balas Dendam Serang Uni Emirat Arab Pakai Rudal Balistik

Anton Suhartono ยท Senin, 24 Januari 2022 - 13:28:00 WIB
Houthi Digempur Habis-habisan, Balas Dendam Serang Uni Emirat Arab Pakai Rudal Balistik
Pemberontak Houthi menyerang Abu Dhabi, UEA, dengan rudal balistik, namun berhasil dirontokkan (Foto: Reuters)

DUBAI, iNews.id - Aksi saling serang pasukan dipimpin Arab Saudi dengan pemberontak Houthi Yaman semakin panas. Dalam serangan terbaru, Uni Emirat Arab (UEA), bagian dari koalisi, mencegat dan menghancurkan dua rudal balistik Houthi, Senin (24/1/2022).

Pertempuran semakin mamanas setelah Houthi menyerang dua lokasi di Abu Dhabi, UEA, pada 17 Januari lalu, yakni dekat fasilitas penampungan minyak ADNOC serta proyek perluasan bandara internasional. Serangan ke fasilitas minyak mengenai tiga truk tangki BBM, memicu ledakan dan kebakaran yang menewaskan tiga warga asing.

Setelah itu pasukan koalisi membalas dengan menyerang basis Houthi di Yaman menewaskan lebih dari 70 orang.

Serangan Houthi terbaru ke UEA ini diyakini sebagai aksi balasan atas pengeboman tersebut.

“Sisa-sisa rudal balistik yang dicegat jatuh di daerah terpisah sekitar Abu Dhabi,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan UEA, dikutip dari Reuters.

Surat kabar The National, mengutip keterangan warga, melaporkan adanya kilatan cahaya di langit Abu Dhabui sekitar pukul 04.30 waktu setempat.

Sementara itu stasiun televisi yang dikelola Houthi Al Masirah melaporkan, kelompok yang didukung Iran itu segera mengumumkan penjelasan rinci mengenai operasi militer terbaru. Bukan hanya UEA, Arab Saudi juga menjadi target serangan pada Senin.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: