Houthi Eksekusi Mati 9 Warga Sipil Yaman termasuk 1 Anak

Ahmad Islamy Jamil · Minggu, 19 September 2021 - 06:01:00 WIB
Houthi Eksekusi Mati 9 Warga Sipil Yaman termasuk 1 Anak
Pemberontak Houthi di Yaman. (Foto: Dok.)

SANAA, iNews.id – Kelompok Houthi mengeksekusi mati 9 warga sipil termasuk satu anak di bawah umur 17 tahun. Menteri Informasi Yaman, Moammar al-Eryani menyatakan, tindakan Houthi itu harus dianggap sebagai kejahatan teroris.

Kesembilan warga sipil yang dieksekusi itu berasal dari Hodeidah. “Pembantaian ini adalah eskalasi yang mengingatkan eksekusi yang dilakukan para mullah Iran terhadap lawan-lawannya, dan peluncuran pembunuhan massal terhadap penentang kudetanya,”” kata al-Eryani, dalam cuitannya di Twitter, Sabtu (18/9/2021). 

“Serta penggunaan peradilan di bawah kendalinya sebagai alat untuk menyelesaikan skor politiknya meneror para politisi, media, dan jurnalis lawannya,” ujarnya menambahkan.

Milisi Houthi Yaman yang didukung Iran menyatakan pada Sabtu bahwa pihak berwenang mereka telah mengeksekusi mati sembilan orang yang dituduh terlibat dalam pembunuhan Saleh al-Samad pada 2018. Al-Samad saat itu adalah pemimpin sipil utama di Houthi.

Samad memegang jabatan presiden dalam pemerintahan yang dikendalikan Houthi yang menguasai sebagian besar Yaman Utara. Dia tewas pada April 2018 oleh serangan udara Koalisi Arab di Kota Hodeidah di pantai barat Yaman.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: