Hubungan dengan AS Memanas, Iran Persiapkan Latihan Perang

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 02 Agustus 2018 - 12:58:00 WIB
Hubungan dengan AS Memanas, Iran Persiapkan Latihan Perang
Iran mempersiapkan latihan perang besar-besaran di Teluk Persia (Teluk Arab). (Foto: Getty Images)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) meyakini Iran sedang mempersiapkan latihan perang besar-besaran di Teluk Persia (Teluk Arab). Persiapan latihan perang ini terkait dengan ancaman negara itu untuk menutup Selat Hormuz, jalur perairan internasional perdagangan minyak.

Iran marah atas keputusan Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir internasional dan akan menerapkan kembali sanksi terhadap negara tersbut. Pejabat senior Iran menegaskan, negaranya tidak mudah menyerah dengan sanksi AS yang bakal mencekik ekspor minyak.

Juru bicara Komando Pusat militer AS yang khusus mengawasi pasukan di Timur Tengah, Bill Urban, mengungkap adanya peningkatan aktivitas di Iran, termasuk di Selat Hormuz yang menjadi jalur penghubung antara Teluk Persia dengan Teluk Oman.

"Kami menyadari peningkatan operasi Angkatan Laut Iran di Teluk Arab, Selat Hormuz, dan Teluk Oman. Kami memantau dengan seksama, dan akan terus bekerja sama dengan mitra kami untuk memastikan kebebasan navigasi dan jalur perdagangan di perairan internasional," kata Urban, seperti dilaporkan Reuters, Kamis (2/8/2018).

Urban tidak memberikan informasi lebih lanjut soal latihan perang Iran. Namun pejabat AS lain mengatakan pasukan Garda Revolusi Iran mengerahkan lebih dari 100 kapal untuk latihan perang tersebut. Ratusan pasukan darat juga bisa dilibatkan.

Sumber itu menyebut, latihan kemungkinan akan digelar dalam 48 jam ke depan, meski waktu pastinya belum jelas.

Latihan perang itu disebut sebagai pesan kepada AS, yang mengintensifkan tekanan ekonomi dan diplomatiknya terhadap Iran. Kebijakan Presiden Donald Trump itu bisa memberikan tekanan yang signifikan pada ekonomi Iran.

Pada 7 Agustus, AS akan menerapkan sanksi lebih banyak terhadap Iran.

Editor : Nathania Riris Michico