IAEA Desak Rusia Segera Bebaskan Dirjen PLTN Zaporizhzhia yang Ditahan

Umaya Khusniah ยท Minggu, 02 Oktober 2022 - 16:33:00 WIB
IAEA Desak Rusia Segera Bebaskan Dirjen PLTN Zaporizhzhia yang Ditahan
Direktur Jenderal PLTN Zaporizhzhia yang diduduki Rusia di Ukraina, Ihor Murashov ditahan oleh pasukan patroli Rusia. (Foto: energoatom)

ZURICH, iNews.id - Kepala pengawas nuklir PBB menyerukan agar Rusia segera membebaskan direktur jenderal pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang diduduki Rusia di Ukraina, Ihor Murashov. Badan Energi Atom Internasional (IAEA) menilai, penahanannya menimbulkan ancaman bagi keselamatan dan keamanan.

"Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi menyatakan harapan Murashov akan kembali ke keluarganya dengan selamat dan segera dan akan dapat melanjutkan fungsi pentingnya di pabrik," cuit IAEA pada Sabtu (1/10/2022) malam.

IAEA telah melakukan kontak dengan pihak berwenang terkait untuk meminta klarifikasi tentang penahanan sementara Ihor Murashov. Penahanan dikatakan memiliki dampak yang sangat signifikan pada diri Ihor Murashov dan juga standar keselamatan dan keamanan nuklir.

Badan pengawas itu pada Sabtu (1/102022) mengatakan, Grossi diperkirakan akan mengadakan pembicaraan di Moskow dan Kiev minggu depan mengenai pembuatan zona perlindungan di sekitar pabrik Zaporizhzhia. 

Sebelumnya, Direktur Jenderal pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang diduduki Rusia di Ukraina ditahan oleh pasukan patroli Rusia.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda