Ibu Hamil Tewas Digigit Ular Kobra, Bayinya Diselamatkan lewat Operasi Caesar

Anton Suhartono · Sabtu, 07 Agustus 2021 - 14:04:00 WIB
Ibu Hamil Tewas Digigit Ular Kobra, Bayinya Diselamatkan lewat Operasi Caesar
Bayi perempuan ini diselamatkan melalui operasi Caesar dari rahim ibu yang meninggal akibat digigit ular kobra di Filipina (Foto: ViralPress)

MANILA, iNews.id - Seorang ibu yang hamil tua meninggal akibat digigit ular kobra, namun bayinya berhasil diselamatkan melalui operasi Caesar. Peristiwa itu terjadi di Filipina pada 4 Agustus lalu.

Bayi perempuan tersebut lahir dalam kondisi lemah melalui operasi beberapa jam setelah ibunya meninggal. Korban dinyatakan meninggal setelah tiba di Rumah Sakit Distrik Diffun, Provinsi Quirino, pada pagi hari.

"Seorang ibu hamil yang digigit ular berbisa dibawa ke sini tanpa tanda-tanda kehidupan dan sianosis, dinyatakan meninggal pada saat kedatangan. Berdasarkan pemantauannya, Moises Lazaro, kepala rumah sakit memutuskan untuk segera melakukan operasi Caesar karena bayi hampir meninggal. Akhirnya, bayi itu berhasil diselamatkan," kata seorang juru bicara rumah sakit, dikutip dari Mirror, Sabtu (7/8/2021).

Hasil pemeriksaan dokter terhadap kandungan memastikan masih ada tanda-tanda kehidupan pada janin meski lemah dampak dari bisa ular yang telah menyebar. Operasi Caesar darurat memakan waktu hampir 1 jam.

Perawatan bayi perempuan yang seharusnya lahir pada bulan depan itu kini dipindah ke rumah sakit provinsi yang memiliki peralatan lebih lengkap. Dia dirawat di NICU karena lahir prematur 1 bulan dari seharusnya, namun kondisinya stabil.

Berita gembira ini juga diwarnai dukacita. Sang bayi lahir, namun di saat bersamaan keluarga juga memakamkan ibunya.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: