Ikuti Langkah Moskow, Putin Bakal Tutup Semua Kafe di Rusia untuk Cegah Corona

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 15:01 WIB
Ikuti Langkah Moskow, Putin Bakal Tutup Semua Kafe di Rusia untuk Cegah Corona

Pertokoan di Kota Moskow (ilustrasi). (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.idRusia hari ini memerintahkan untuk menutup kafe-kafe di seluruh negara itu mulai Sabtu (28/3/2020) hingga sepekan ke depan. Perintah tersebut bertujuan untuk mencegah meluasnya pandemi virus corona (Covid-19) di Negeri Tsar itu.

Pada Rabu (25/3/2020) lalu, Presiden Vladimir Putin mengumumkan, terhitung sejak 28 Maret hingga 5 April 2020 semua warga Rusia harus tetap berada di rumah untuk menangkal wabah Covid-19. Akan tetapi, kebijakan yang diberlakukan Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin, selangkah lebih maju dari Putin.

Sobyanin memerintahkan warga Moskow yang berusia di atas 65 tahun untuk tetap tinggal di rumah mulai kemarin. “Ini bukan hari libur, melainkan hanya langkah serius untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ungkap wali kota dalam pernyataan di laman resmi miliknya, Kamis (26/3/2020).

Dikutip The Moscow Tmes, semua kafe dan restoran di Moskow juga harus berhenti menerima pelanggan. Mereka hanya dapat mengantarkan makanan (jasa delivery) ke rumah-rumah atau menyiapkan pesanan untuk dibawa pulang oleh pelanggan.

Toko yang menjual barang-barang yang tidak penting juga harus ditutup, termasuk juga salon kecantikan dan spa juga berhenti beroperas sementara. Taman-taman Moskow juga akan ditutup.

“Pembatasan yang diperintahkan hari ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah modern Moskow dan tentunya akan menciptakan banyak ketidaknyamanan,” ujar Sobyanin.

Editor : Ahmad Islamy Jamil