Imigran Irak Tewas Tenggelam di Belgia saat Coba Berenang ke Inggris

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 27 Agustus 2019 - 10:51 WIB
Imigran Irak Tewas Tenggelam di Belgia saat Coba Berenang ke Inggris

Mayat imigran ditemukan dekat pembangkit tenaga angin di Zeebrugge. (FOTO: AFP)

BRUSSELS, iNews.id - Mayat seorang imigran Irak yang mencoba berenang melintasi Selat dari Prancis menuju Inggris ditemukan di lepas pantai Belgia. Pria berusia 48 tahun itu ditemukan pada Jumat (23/8/2019) di dekat resor tepi laut Zeebrugge.

Dia tewas dalam keadaan mengenakan jaket darurat yang terbuat dari botol plastik kosong dan membawa tas kecil berisi kartu identitas.

"Ini pertama kalinya kami menemukan mayat seorang imigran," kata Carl Decaluwe, Gubernur Provinsi Flanders, tempat Zeebrugge ditemukan, kepada AFP, Selasa (27/8/2019).

Para pejabat menduga pria itu tenggelam ketika mencoba berenang dari pantai di Prancis utara menuju Inggris. Arus diduga menyeret tubuhnya hingga ke perairan Belgia.

Dia ditemukan hanyut di dekat pembangkit listrik tenaga angin, sekitar 30 kilometer dari Zeebrugge, lapor kantor berita Belgia, Belga.

Dia mencoba berenang setelah gagal mendapatkan suaka di Jerman.

Delapan hari sebelum mayat imigran Irak itu ditemukan, seorang pelaut Belgia melihat seorang pria mengenakan sabuk yang terbuat dari botol plastik kosong yang meminta bantuan di perairan Dunkirk di lepas pantai Prancis.

Pelaut itu memberi tahu pihak berwenang maritim Prancis tentang insiden 18 Agustus itu; dan mengatakan bahwa dia menyelamatkan pria itu, namun pria itu tersapu arus.

Para imigran mengambil risiko besar untuk mencapai Inggris dari Prancis, demi mencari kehidupan yang lebih baik.

Sejak Januari, sekitar 1.450 imigran diselamatkan baik oleh penjaga pantai Inggris maupun Prancis. Jumlah itu lebih besar dua kali lipat dari jumlah yang berusaha melintasi jalur pelayaran yang sibuk selama 2018.

Editor : Nathania Riris Michico