India Benarkan Warga Buang Jenazah Korban Covid ke Sungai Gangga, Ini Pemicunya

Anton Suhartono ยท Minggu, 16 Mei 2021 - 07:04:00 WIB
India Benarkan Warga Buang Jenazah Korban Covid ke Sungai Gangga, Ini Pemicunya
India pastikan jenazah yang dibuang di Sungai Gangga korban Covid-19 (Foto: Reuters)

NEW DELHI, iNews.id - Pemerintah India memastikan puluhan mayat yang dibuang di beberapa sungai, termasuk Gangga, beberapa waktu lalu merupakan korban Covid-19.

Praktik membuang mayat ke sungai ini diduga karena faktor kemiskinan yakni keluarga tak bisa mengkremasi secara layak. Ini merupakan fakta mengejutkan sekaligus mengkhawatirkan jika menjadi tren.

Foto-foto temuan puluhan mayat di Sungai Gangga mengejutkan negara yang sedang diguncang akibat lonjakan kasus Covid-19.

Pemerintah Negara Bagian Uttar Pradesh, wilayah tempat penemuan mayat, sampai saat ini masih bungkam dengan penemuan mayat tersebut. Namun pemerintah pusat, dalam surat kepada pejabat daerah, memastikan kematian mereka akibat virus corona dan penyakit lain.

"Pemerintah memiliki informasi korban meninggal disebabkan Covid-19 atau penyakit lain, dibuang ke sungai ketimbang dimakamkan sesuai ritual," kata seorang pejabat senior pemerintah, Manoj Kumar Singh, dikutip dari Reuters, Minggu (16/5/2021).

Jenazah-jenazah itu ditemukan di banyak lokasi sepanjang Sungai Gangga dan anak alirannya dalam beberapa hari.

Singh dalam memo kepada para wali kota mengatakan, kurangnya dana untuk membeli material kayu bakar guna pelaksanaan kremasi merupakan alasan kasus pembuangan jenazah ke sungai marak. Selain itu, fenomena ini terkait dengan kepercayaan di masyarakat mengenai kesucian Sungai Gangga. Penyebab lain, keluarga membuang korban Covid-19 karena takut tertular.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2